Mengikuti Kebenaran

ANDA DIAJAK SESEORANG UNTUK BERBUAT BAIK BERDASARKAN AL-ISLAM, DAN ANDA MENGIKUTI DAN MELAKUKANNYA. MAKA ITU BUKAN BERARTI MENGIKUTI ORANG ITU, TETAPI HAKEKATNYA MENGIKUTI AJARAN ISLAM.

Jika anda diajak oleh seseorang untuk berbuat baik berdasarkan pada al-Islam, dan anda mengikuti dan melakukannya. Maka itu bukan berarti anda mengikuti orang itu, tetapi hahekatnya anda itu mengikuti ajaran Islam.

Sama halnya dengan anda-anda mengikuti cara yang diajarkan oleh Maulana Ilyas rah, selama beliau ini berlandaskan pada al-quran dan as-sunnah, maka pada hakekatnya adalah anda bukan mengikuti Maulana Ilyas rah, tetapi anda-anda mengikuti ajaran Islam.

وعن أَبِي هريرة رضي اللَّه عنه أَن رسولَ اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قال : «منْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ الأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ منْ تَبِعَهُ لا ينْقُصُ ذلِكَ مِنْ أُجُورِهِم شَيْئاً ، ومَنْ دَعَا إِلَى ضَلاَلَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنَ الإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لا ينقُصُ ذلكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئاً » رواه مسلم.

Perhatikan hadist di atas, jadi siapa saja di antara anda-anda diajak kepada petunjuk dari Al-Islam oleh orang lain, maka bukan berarti anda-anda itu mengikuti dari orang itu, tetapi adalah mengikuti petunjuk yang diajarkannya itu. Dan orang yang mengajak itu mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang mengikuti ajakannya itu.

Jika di antara anda-anda mengembangkan metoda untuk mengajarkan al-quran, dan metoda itu ternyata belum dikenal di jaman Rasulullah SAW dan para Shahabat RA, dan bahkan dikenal oleh para ulama dulu dan juga ulama sekarang.

Tetapi anda-anda berkeinginan mengajarkan al-quran itu dalam hal membacanya lebih mudah, maka orang-orang yang mengikuti anda itu bukan berarti mengikuti anda, tetapi mereka itu adalah berkeinginan mendapatkan petunjuk bagaimana membaca al-quran itu dengan mudah. Membaca al-quran itu merupakan hal yang sangat ditekankan.

http://usahadawah.com/

Leave a comment