Jamaah Tabligh Menurut Majlis Tarjih Muhammadiyah

Majlis Tarjih Muhammadiyah menyatakan:

“Kelompok Jama‘ah Tabligh … itu belum dapat dikategorikan golongan yang sesat, kecuali jika ada hal-hal lain yang mereka lakukan yang berlawanan dengan rukun Islam dan rukun Iman, yang tidak terdapat dalam al-Qur’an dan as-Sunnah.”[7]

Yusuf Qardhawi termasuk di antara ulama kontemporer yang tidak menganggap JT sebagai gerakan sesat. Lebih dari itu, ia menganggap Maulana Muhammad Ilyas, pendiri JT, sebagai seorang da’i dan mujaddid (pembaharu) besar. Dan bahwasanya Maulana Ilyas termasuk di antara juru dakwah hebat yang pernah dikenal dunia Islam.[8]

Wahbah Az Zuhayli, pakar fiqh asal Suriah, sangat mengapresiasi gerakan ini. Penulis kitab Mawsu’ah al Fiqh al Islamy wal Qadhaya al Muashirah (14 jilid) ini bahkan sangat memuji JT. Dalam salah satu fatwanya ia mengatakan bahwa “anggota Jamaah Tabligh adalah orang-orang yang sangat baik, salih, dan zuhud dan banyak berkorban untuk menyebarkan akidah Islam. ”

2 thoughts on “Jamaah Tabligh Menurut Majlis Tarjih Muhammadiyah

  1. asallamualaikum w.r.w.b….untuk yg selalu memojokan jam’ah tabligh…semoga ALLAH SWT segera membukakan hatinya dan menjdi da’i nya ALLAH SWT ….ALLAH KUASA MAHLUK TAK KUASA.. LA ILA HA ILALLAH….ALLAH MAHA BESAR MAHLUK TAK ADA… LA ILA HA ILALLAH…banyak korban banyak paham… sedikit korban sedikit… paham ga mau korban jadi salah paham

  2. kalimat pembuka ” jemaah tabligh belum bisa dikatakan sesat ” , kesal juga bacanya.
    Harusnya kalimat nya ” jemaah tabligh adalah kumpulan orang2 yang sangat memcintai sunnah ” ini yg lebih tepat.
    Majelis tarjih sadar gak kalau KH. Ahmad Dahlan adalah orang yg cinta sunnah baik Surah, Sirah dan Sarirohnya. Ketiga amalan sunnah itu sama halnya dengan yang ada pada jemaah tabligh.
    Surah tampilan luar (jenggot, jubah, serban cukur kumis dst)
    Sirah perjalanan kehidupan nabi 1x 24 jam btw untuk hal ini deqan tarjih yg terhormat merasa penting gak namanya contoh cara nabi makan, tidur, bicara, diplomasi dst? Penting gak dibuat gak?
    Sariroh adalah bathin nabi, kepedulian dan kecintaan pada ummat.
    Orang2 yg ada didewan tarjih ini ada gak yg mirip nabi atau mencontoh nabi seperti KH. Ahmad dahlan atau jemaah tabligh???

    Payah kita bicara kalau lebih suka mengkritisi drpd bertindak ikhlas untuk agama.

    Ingat.. Hehehe… organisasi Muhammadiyah adalah produk lokal yg kontroversi dilokal, kauh lebih keren jemaah tabligh yg merupakan produk internasional yg laku di internasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s