Tiga Juta Umat Islam Hadir pada Ijtima Dunia Jamaah Tabligh

Tiga Juta Umat Islam Hadir pada Ijtima Dunia Jamaah Tabligh

sumber:http://www.eramuslim.com/berita/dunia/3-juta-umat-islam-hadir-pada-ijtima-dunia-jamaah-tabligh.htm

Senin, 25/01/2010 11:39 WIB | email | print | share

Sekitar 3 juta umat Islam pada hari Ahad kemarin (24/1) mengakhiri “muktamar umat Islam dunia” di tepi sungai Turag kota Tongi, 20 km sebelah utara ibukota Dakha Bangladesh dan acara mukatamar ini merupakan pertemuan umat Islam terbesar kedua di dunia setelah ibadah Haji.

Acara muktamar yang diselenggarakan oleh Jamaah Tabligh ini, memfokuskan pada ceramah-ceramah agama (atau diistilahkan dengan “bayan” oleh Jamaah Tabligh) yang mengajak umat Islam untuk menjalankan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari mereka, melaksanakan sholat, bermuhasabah dan mendiskusikan isu-isu yang menitik beratkan pada dimensi spiritual Islam serta mencari jalan keluarnya dengan cara berdakwah menyebarkan nilai-nilai Islam dan mengkampanyekan perdamaian dunia tanpa membicarakan hal-hal yang berbau politik.

Muktamar umat Islam dunia atau lebih dikenal dikalangan Jamaah tabligh dengan istilah “Ijtima’ Dunia” dalam bahasa Bangladesh disebut “Bishwa Ijtima”, merupakan acara tahunan rutin dari rangkaian program kegiatan dakwah Jamaah Tabligh.

Bishwa Ijtima dilaporkan pertama kali diadakan pada tahun 1966 atas prakarsa seorang ulama India yang juga merupakan konseptor Jamaah Tabligh – Syaikh Maulana Ilyas. Awalnya Syaikh Maulana Ilyas memulai kegiatan Bishwa Ijtima dengan sekelompok kecil masyarakat Muslim yang peduli dengan umat Islam dan berkumpul di sebuah masjid di Tongi dan atas usaha dakwahnya, saat ini Bishwa Ijtima bisa dihadiri oleh jutaan umat Islam yang datang dari seluruh dunia dan dalam beberapa tahun terakhir Ijtima tersebut menjadi pertemuan umat Islam dunia terbesar kedua setelah ibadah Haji.

Selama empat puluh tahun lebih, Tongi telah menjadi lokasi tempat berlangsungnya acara Ijtima, meskipun acara sejenis diselenggarakan juga pada skala yang lebih kecil di negara-negara lain.

Acara pertemuan Jamaah Tabligh seluruh dunia ini dimulai pada hari Kamis lalu (22/1) selama 3 hari berturut-turut dan berakhir pada hari Ahad kemarin (24/1), beberapa tokoh penting tampak hadir dalam acara ini termasuk Perdana Mentri Bangladesh Sheikh Hasina dan salah seorang pemimpin oposisi Bangladesh, Khalida Zia.

Program Ijtima berakhir ditandai dengan acara “Akheri Munajat” atau doa terakhir yang dipimpin oleh seorang Ulama Jamaah Tabligh. Untuk Ijtima kali ini, sempat terjadi insiden dengan wafatnya 3 orang peserta pada pagi hari pada hari terakhir acara.(fq/iol)

About these ads

11 thoughts on “Tiga Juta Umat Islam Hadir pada Ijtima Dunia Jamaah Tabligh

  1. JIKA USAHA INI ADA KESALAHAN……….ALLAH SUDAH HANCURKAN INI USAHA SEJAK DULU……UNTUK ITU DAKWAH JALAN TERUS….TERUS…DAN TERUS……………………..

  2. keberlangsungan kegiatan “dakwah” tidak menunjukan kebenaranya, syiah juga ada sejak dulu apa ini menunjukan kebenaran. Tablig Goblok.

    • semoga Allah memberikan cahaya di hati Anda, Jari-jari serta tangan Anda, mata Anda, lisan Anda sehingga mampu menangkap kebenaran serta mengeluarkan kelembutan dalam setiap kegiatannya sehingga menjadi asbab hidayah ke seluruh alam

  3. Perhatian-perhatian ya yang mengatakan goblok sekarang sudah menemukan dalilnya sholat Isyroq kalau tidak percaya datang saja ke Jogjakarta yang benci sama Jamaah Tabligh sudah mengamalkan sholat Isyroq

  4. ikhwan…….kita semua berharap hanya kepada Alloh semata bukan kepada makhluk. berjalanlah dan berjuanglah jika kita salah mintalah kepada Alloh semoga diluruskan dan diingatkan (niat) yang membukakan hti semua insan adalah Alloh swt.Allhamdulillah..semoga saudara kita semua paham perjuangan kita ini.amiin.

  5. Saudaraku Dulwahab dan Sabur, sabaaaaar……!!!, kita doakan saja mereka yang yang bilang ini dan itu tentang amalan para Nabi dan Rasul (da’wah) ini, semoga mereka diberi kefahaman dan dilembutkan hatinya. Biarlah mereka sebagai batu ujian kesabaran bagi kita.

  6. umat suna te’lah melakukan sholat suna untuk membaca alquran untuk membaca untuk melihat-lihat saja tpi jangan kekal jamaah jumat sholat hrus cipta langit cahaya makhluk chaya cipta umat islam ada air adzam sholeha surat Al-faatihah surat Al-Ikhlas Surat Al-Falaq surat An-Naas

  7. Astagfirullah ,jibril mana yg turun yg memerintahkan untuk kumpul beribadah di ijtimai di tong ???????? kalian mau medandingi syariat Allah krn kita diperintahkan berkumpul di padang arafah ketika wukuf , 3 juta apa ???? negara arab saudi juga untuk menerima jamaah haji dg persiapan yg matang …..ngak mudah . Orang yang melakukan perbuatan bid’ah, pada hakekatnya sedang menodai ajaran agama islam, merendahkan agama islam,.. dan ini bukan membawa kepada kebaikan, justru membawa kepada kehancuran islam, Maka para pembuat ajaran baru itu secara langsung atau tidak langsung telah mensejajarkan dirinya dengan pembuat syariat ini, yaitu Allah,.. sungguh nanti Allah akan mengadzab dengan adzab yang pedih terhadap orang yang melakukan perbuatan tersebut, jika pelakunya tidak taubat dari hal tersebut,
    Dan jika semakin banyak pelaku yang mengamalkan amalan tersebut, maka siksa pembuat amalan tersebut semakin bertumpuk-tumpuk,. sebagai balasan atas tindakannya,, na’udzubillahi min dzalik

    • :) yang berkumpul disana juga sudah banyak yang Haji, apa berkumpulnya umat islam di suatu tempat mengadakan pengajiaan, saling menasihati dalam kebaikan, fikir untuk agama adalah Bid’ah juga, ini kan kebetulan saja jumlahnya jutaan orang, bisa berdamai harusnya disyukuri akhi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s