Terbesar Setelah Haji | Informasi Haji Departemen Agama Republik Indonesia

Terbesar Setelah Haji

Sumber : Informasi Haji Departemen Agama Republik Indonesia

Senin, 25 Januari 2010 18:06
Jakarta (MCH). Setidaknya empat juta muslim menghadiri acara yang disebut Bishwa Ijtima’ di Bangladesh pada hari Ahad, 24 januari kemarin. “Ini adalah klimaks dari acara Islam tahunan terbesar setelah haji,” kata seorang anggota polisi Bangladesh yang dikutip Hindustan Times edisi Senin, 25 Januari hari ini.

Tiga hari Bishwa Ijtema, atau Kongres Muslim Dunia, berakhir dengan upacara doa yang dipimpin seorang ulama asal India. Jutaan orang memadati jalanan kita. Bishwah pertama kali diselenggarakan tahun 1960 di tepi sungai Turag yang menjadi pusat Jamaat Tablig, sebuah kelompok non-politik yang bercita-cita mendorong orang untuk mengikuti Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Hasan Ma’mun, inspektur polisi Dhakka, sedikitnya empat juta orang, termasuk Perdana Menteri Sheikh Hasina, menghadiri acara itu. “Tahun ini jumlah yang datang lebih banyak karena cuaca yang lebih baik,” kata Hasan, seraya menambahkan bahwa aparat keamanan sebanyak 10.000 berjaga-jaga.

Polisi mengatakan ada sekitar 25.000 jemaah asing dari sekitar 110 negara menghadiri acara itu. Namun, diakui, mayoritas yang datang adalah warga miskin dari pedesaan Bangladesh. Mereka menyamakan peristiwa ini dengan haji ke Mekkah.

Dhaka seperti kosong pada hari Ahad kemarin karena sebagian besar penduduknya meninggalkan pekerjaan mereka menuju kota kecil berjarak 40 kilometer arah utara untuk acara itu. Pemerintah menyiapkan kereta api dan feri untuk itu. Puluhan jembatan darurat dan tangki air didirikan serentak.

Bangladesh adalah dunia ketiga-mayoritas Muslim terbesar bangsa, dengan umat Islam hampir 90 persen dari 144 juta penduduk. (Musthafa Helmy)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s