cara-unik-sebarkan-kebenaran-islam-dalam-40-hari

Sumber : http://usahadawah.com/2009/02/14/cara-unik-sebarkan-kebenaran-islam-dalam-40-hari/ Chilla, sebuah acara perjalanan dakwah melintasi seluruh bagian  dunia telah menjadi salah satu penyebar Islam dengan cara damai.  (SuaraMedia News)

Chilla, sebuah acara perjalanan dakwah melintasi seluruh bagian dunia telah menjadi salah satu penyebar Islam dengan cara damai. (SuaraMedia News)

DHAKA (SuaraMedia) – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Mohammed Fauzia selalu mempersiapkan diri untuk melaksanakan “Chilla”, sebuah ritual perjalanan dakwah ke seluruh bagian dunia untuk menyebarkan agama Islam.

“Saya lakukan yang terbaik taip tahunnya dengan mengikuti Chilla dan membawa Islam melintasi dunia”, kata ahli teknik asal Malaysia tersebut.

Moahmmed, juga turut berpartisipasi dalam Chilla, yang diadopsi dari bahasa Persia “Chihli” yang berarti empat puluh, sebuah perjalanan dakwah yang telah dilaksanakan selama lebih dari 15 tahun.

“Saya telah pergi ke beberapa negara seperti Australia, Pakistan, Thailand, dan India”, kenangnya.

Dua tokoh tersebut juga turut berkumpul bersama dengan ribuan Muslim lainnya dalam festival Bishwa Ijtima yang diadakan di Dhaka bulan lalu dan diselenggarakan oleh Tablig-e-Jamaat, sebuah kelompok Muslim non-politik Internasional.

Festival selama tiga hari tersebut, dihadiri sekitar 10.000 Muslim dari 108 negara, bertujuan mengembangkan Islam di seluruh dunia serta memperkuat hubungan Muslim antar negara.

Setelah festival tersebut, ratusan dari Muslim yang datang berkumpul di Masjid Kakrail di Daka untuk melakukan Chilla.

Para partisan yang dibagi dalam beberapa kelompok, terdiri dari 10-20 orang, dan perjalanan tersebut memakan waktu kurang lebih 40 hari.

“Setiap Muslim memiliki andil dalam berdakwah”, kata Erfan Ibrahim, seorang guru asal Afrika Selatan yang turut bergabung dalam Chilla.

Didirikan pada 1920an oleh seorang Ulama India, Tablig-e-Jamaat adalah kelompok Muslim non-politik Internasional.

Kelompok tersebut berpusat di New Delhi dan telah memiliki cabang di sekitar 80 negara.

“Kami telah menyebarkan dakwah dan perdamaian dunia bersama Tablig-e-Jamaat”, kata seorang wirausahawan asal Pakistan yang menjadi perwakilan dari negaranya.

“Kami sangat bahagia dan bangga menjadi bagian dari ini semua.”

Para partisan Chilla mengatakan misi dakwah yang mereka lakukan membawa hal positif bagi diri mereka.

“Sebenarnya salah satu tujuan utama kami dalam misi ini adalah untuk memperbaiki diri kami sendiri”, Abdul Jamal dari Malaysia menuturkan.

Wirausahawan asal Pakistan juga menyetujui hal tersebut.

“Muslim seharusnya memperbaiki diri mereka sendiri sebelum membawa perubahan bagi orang lain.”

Untuk beberapa lainnya, perjalanan tersebut bertujuan untuk menyampaikan pesan kebenaran tentang Islam.

“Kami akan menyebarkan Islam ke seluruh dunia”, kata Mohammed.

Dia menuturkan sejak pertama kali mengikuti dakwah tersebut, dia telah banyak melihat orang di seluruh dunia menemukan ketenangan dalam Islam.

Abdur Rahman dari Rusia, yakin bahwa perjalanan dakwah tersebut juga mampu menghapus citra kurang baik yang disebarkan beberapa pihak non-Islam.

Dia menegaskan bahwa di negaranya, Chilla cukup berpengaruh besar, dengan lebih dari 200 orang menjadi Muallaf tiap tahunnya.

“Pemikiran Rusia” telah banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir, kata seorang pelajar berusia 17 tahun yang juga menghadiri Bishwa Ijtima.

“Tidak sedikit dari penduduk Rusia yang berpikir Islam dalah agama yang berhubungan dengan terorisme dan Muslim adalah pembunuh. Namun kini, mereka mengetahui bahwa Islam mengajarkan Muslim untuk menjadi orang-orang yang cinta damai. (iol) dikutip oleh http://www.suaramedia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s