Biswa Ijtema 2010 Bimbing Umat Muslim Dunia Ke Dhaka

Sabtu, 23 Januari 2010 14:30

DHAKA (SuaraMedia News) – Ribuan Muslim dari seluruh dunia mengadakan doa di Bangladesh pada hari Jumat dalam peringatan hari Biswa Ijtema, awal dari salah satu pertemuan tahunan umat Islam terbesar setelah ziarah ke Mekkah.

Ijtema telah diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 1966 di tepi sungai Turag di Tongi, pinggiran Dhaka.

Acara ini diselenggarakan oleh Dewan Tabligh Dunia, sebuah kelompok yang terdiri terutama dari para sarjana Muslim Bangladesh yang mengabarkan ajaran-ajaran Islam dan Nabi Muhammad, sekaligus berfungsi sebagai pelayanan urusan agama Bangladesh.

Acara tiga hari ini berfokus pada doa dan  termasuk ceramah dari sarjana Muslim tentang iman dalam Islam.

Tahun ini, diperkirakan 2 juta Muslim diharapkan untuk menghadiri – hampir sama dengan jumlah peziarah yang pergi ke Arab Saudi untuk melakukan ziarah haji tahunan.

Khotbah akan diterjemahkan ke dalam lebih dari setengah lusin bahasa bagi peserta internasional yang akan berkemah di tempat yang luas.

Kanopi besar telah didirikan untuk para jemaah. Langkah-langkah telah diambil untuk menjamin pasokan listrik dan air di dalam dan di sekitar tempat ijtema dan memastikan kesiapan sanitasi dan pelayanan kesehatan bagi peserta.

Fasilitas permanen seperti toilet dan kamar mandi telah didirikan sementara pasokan air pipa yang telah diinstal sebelumnya, sudah ada di sana.

Dokter bekerja sepanjang waktu di kamp-kamp kesehatan gratis, yang diatur untuk memberikan dukungan medis kepada para peserta, jika diperlukan. Dua puluh ambulan juga tersedia di sana, kata para penyelenggara.

Pemerintah telah mengambil langkah-langkah keamanan yang ketat untuk memastikan kedamaian jalannya Ijtema. Personil keamanan akan memantau, melalui CCTV lapangan tempat dimana para jemaat tinggal dari menara diatur untuk tujuan itu. Dua helipads dan 10 menara telah dibuat.

Relawan Itjma mengatakan lebih dari 10.000 Muslim asing sudah tiba hari Jumat pagi, dan ribuan polisi dan pasukan keamanan, lebih dari tahun-tahun sebelumnya, telah dikerahkan untuk melindungi mereka, kata para pejabat.

“Kami memiliki pasukan tambahan yang dikerahkan tahun ini karena negara terus-menerus menghadapi ancaman oleh kelompok-kelompok tak bertanggungjawab,” kata seorang polisi senior yang menolak disebutkan namanya.

Negara-negara yang hadir termasuk dari India, Pakistan, Arab Saudi, Afghanistan, Libanon, Kanada, Qatar, Bahrain, Kuwait, Thailand, Singapura, Maroko, Jepang, Filipina, Mesir, Suriah, Bhutan, Indonesia, Malaysia, Amerika Serikat, Inggris, Australia, Nigeria, Afrika Selatan, Turki, Italia, Swedia, Jerman, Swiss, denmark dan Spanyol.

Presiden Zillur Rahman, dalam sebuah pesan, berkata, “Saya mengirimkan salam saya kepada saudara-saudara Muslim yang bergabung dengan` Biswa Ijtema 2010.”

Dia mengatakan ideologi besar Islam adalah jalan damai dan kesejahteraan bagi umat manusia.

Biswa Ijtema telah memainkan peranan penting dalam membangun hubungan baik umat Muslim dan perluasan pendidikan Islam, katanya dan berharap bahwa jemaat akan memperkuat solidaritas umat.

Perdana Menteri Sheikh Hasina dalam pesannya mengatakan Biswa Ijtema di tepi sungai Turag di Tongi di pinggiran Dhaka telah memberikan kontribusi bagi penyebaran esensi Islam yaitu damai, kasih sayang, persahabatan dan kemurahan hati.

Ia berharap kegiatan tahunan ini akan memperkuat kesatuan bangsa dan umat Muslim di seluruh dunia.

Ia berdoa untuk kesejahteraan dan kemakmuran bagi para peserta dan umat Muslim pada kesempatan Biswa Ijtema itu.

Dhaka telah menjadi tuan rumah peristiwa ini setiap tahun sejak 1967. (iw/reu/bsn) www.suaramedia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s