Apa itu Blog ? Menurut saya begini, kalo menurut anda ?

Apa itu Blog ?

imagesnew1.gif

Mungkin pada awalnya blog hanya dipakai sebagai catatan harian seseorang atau ungkapan isi hati seseorang yang dipublikasikan sehingga orang lain bisa ikut mengetahui apa sih yang ada dalam hati atau pikiran si empunya blog.

Kalau jaman dulu buku harian itu pasti dilengkapi dengan gembok / kunci dengan maksud agar isi dari buku harian itu tidak bisa dibaca oleh sembarang orang. Buku harian sebenarnya adalah luapan dari isi hati atau pemikiran seseorang yang dituangkan kedalam tulisan.. Sifatnya sangat – sangat rahasia, hanya yang punya buku harian dan Tuhan yang tahu isi buku harian tersebut. Membaca buku harian seseorang sama saja kita menelanjangi seseorang, orang itu akan marah besar dan pastinya akan terjadi keributan.

Zaman sudah berubah, sekarang buku harian malah dipublikasikan tidak ada lagi rahasia diantara kita, begitu kira – kira. Bahkan malah tidak sedikit apabila yang ditulis adalah sebuah masalah yang tidak terpecahkan setelah dipublikasikan mengundang banyak masukkan dan membuat masalah itu terpecahkan, itu sisi positivenya. Sisi negativenya adalah yang dipublikasikan merupakan sesuatu yang benar – benar rahasia, sesuatu yang seharusnya tidak, diperlihatkan dimuka umum, apa itu ? Aurat, dan alat vital.

Mungkin itu semua adalah indikator bahwa zaman sekarang manusia sudah berkurang rasa malunya, berbahaya sekali. Padahal malu itu adalah bagian dari iman. Rasa malu itu penting ada dalam diri setiap kita. Kalau ga ada rasa malu ya begini ini keadaannya, seperti negara – negara barat yang rasa malu disana adalah sebuah kehinaan dan penghambat.. Umur 17 th belum berhubungan badan dianggap katrok dan ndeso, belum minum alkohol dianggap culun…dan banyak lagi.

Kita harus sadar bahwa rasa malu dan tata kesopanan yang ada di Indonesia dulu adalah sebuah kebaikan, seharusnya diperthankan atau malah diupgrade terus….sampai – sampai kalau bisa Negara barat ikut mencontoh kita.

Negara barat sudah mulai sadar dan mulai berusaha keras meninggalkan apa –apa yang selama ini mereka lakukan. Mereka mulai merasakan dampaknya, kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh pengemudi yang mabuk, pembunuhan, pemerkosaan, gangster, trasa malu hampiir hilang. Mereka sudah bosan dengan semua itu dan mereka mulai mencari jalan untuk memperbaikinya. Nah jalan itu sebenarnya sudah dimiliki dan dijalankan oleh bangsa indonesia atau umat islam khususnya, kalau kita pegang erat – erat dan kita pertahankan kebudayaan kita, insya Allah orang – orang barat akan belajar kepada umat islam.

Pernah lihat lampu yang menyala dimalam hari ? kalau musim hujan biasanya lampu itu dikerumuni oleh laron dan nyamuk. Kalau mati lampu, biasanya kita memakai lilin atau petromax atau lampu minyak atau lampu yang bisa dicharge….nah biasanya kita dan anak2 punya kebiasaan ngeriung dekat sumber cahaya itu kan ?. Kalau lagi kemping pasti ga jauh dari Api unggun, nah kebiasaan kita adalah berkeliling berkerumun di dekat api unggun yang kita artikan disini sebagi sumber cahaya. Itu semua adalah gambaran bahwa cahaya itu disukai , dan sifat kita selalu mencari cahaya, suka dengan sesuatu yang menerangi dan tidak suka dengan kegelapan. Agama adalah cahaya maka pantas lah kalau Agama itu akan disukai secara sadar ataupun tidak. Semua akan mencari cahaya ( agama) Agama akan selalu ada peminatnya.

Banyak manusia yang belum mengenal agama, nah bagi kita yang sudah beragama sudah selayaknya mempertahankan agama yang dimiliki jangan di tinggalkan. Kita harus menjaga sumber cahaya itu agar tetap menyala malah kalau bisa disebarkan cahaya itu ketempat tempat yang gela[p dan memerlukan cahay sehingga nanti ketika ada yang membutuhkan maka dia bisa mendapatkannya.

Jangan kita malah pergi ketempat yang gelap dengan tanpa membawa cahaya, kita anggap cahaya itu sesuatu yang tidak berarti, padahal orang – orang disana sedang kebingungan dan mencari – cari cahaya , bahkan sampai pergi ke tempat yang kita tinggalkan. Mereka mendapat cahaya yang kita tinggalkan, kita malah mendapat kegelapan yang mereka tinggalkan.testweb.gif
Belajar tidak selalu dari pengalaman sendiri, tetapi bisa dari pengalaman orang lain. Kalau anda masih bisa baca tulisan ini berarti anda masih diberi kesempatan untuk memikirkan , apa sudah meninggalkan cahaya itu ? kalau terlanjur masih ada waktu untuk mengambil kembali dan menggigit erat erat cahaya itu.

Waaah kok jadi melenceng kesini pembahasannya ? padahal awalnya mau mendefinisikan tentang Blog. Kalau menurut penyelidikan saya, Blog itu bisa berfungsi sebagai

  1. Hiburan
  2. Kerjaan
  3. Sumber Penghasilan
  4. Tempat Dagang
  5. Tempat Nampang
  6. Tempat Perawan nyari Bujang
  7. Tempat seniman mengekspresikan pikran
  8. Tempat Arisan
  9. Media Menyebarkan kebenaran
  10. Tempat Ngrumpi

Menurut Anda?

63 thoughts on “Apa itu Blog ? Menurut saya begini, kalo menurut anda ?

  1. Sebagai seorang perempuan yg gampang curhat, tentu fungsi blog buat saya adl mediator curhat saya. Ada beberapa hal yg terkadang ingin saya sampaikan ke dunia luar tnp bermaksud menggurui. Ada bbrp hal yg terkadang tdk membutuhkan komentar2 verbal yg spontan dari teman2 curhatan saya. Kadang2 lbh asik bersuara dgn tulisan daripada verbal.

    Baru2 ini, saya baru sadar kl blog jg bisa dijadikan senjata. Tentang manfaat dan tidaknya, tentunya tergantung olh si penulis. Semoga menjadi senjata yang benar di tangan kita, amin.

    luar biasa, semoga saja ammiin

  2. menurut saya jalur dunia maya (internet khususnya web ato blog) bisa untuk segala sesuatu, tapi jika digunakan untuk berdakwah dan silaturohim jika kita mengusahakan, saya mendukung blog ini kalo boleh saya juga mo andil ngasih artikel tentang keagamaan tapi fokus pada ma’rifatulloh (mengenal allah) atau biasa disebut dengan tauhid…. kalo dapat ijin insya allah rutin minimal sebulan sekali jazakalloh khoiron

    Insya Allah……sama-sama, semoga amala ibadahnya dibalas Allah SWT

  3. Tergantung pribadi masing2, ada yang mau curhat, ada yang mau belajar nulis, ada yang mau cari duit, ada yang mau cari teman. kalau saya pribadi sih nulis kegiatan se-hari2 aja, tapi tentu aja bukan rahasia yang seharusnya gak perlu diketahui orang banyak dibeberkan di blog, sekalian nambah temen….

    nambah temen itu yg paling mantep ya bu

  4. Semuanya itu. Setuju. Bagi saya tambah satu hal: bagian-bagian buku yang diposting setelah lengkap kasih kata pengantar jadilah buku.

    alhamdulillah dikunjungi mas ersis, dikasih saran lagi……thanx mas ersis……perlu diketahui bahwa mas ersis ini adalah seorang penulis buku….kalau ga percaya kunjungi aja blognya……..

  5. blog adalah sarana untuk mengeluarkan uneg2 yang ada di otak.. pelampiasan hasrat menulis….

    wah ini alasannya seniman professional mesti…….: )

  6. buat saya blog adalah tempat santai..
    tempat buat membual
    tempat buat kadal2 an
    tempat buat pamer
    tempat buat sombong
    tempat buat menciptakan persahabatan
    dan lain2 nya..dan lain2 nya….yg ngga bisa disebut satu2….saking banyaknya………

    wah buanyak banget …….bisa dibikin buku saku juga kayanya tuh……..

  7. Apa itu blog?

    Jawaban saya:
    “Sebagai salah satu ladang amal”…insya Allah🙂

    Semoga setiap huruf yg telah terangkai di blog, menjadikan Dia ridha, lalu menurunkan hidayah-Nya dan bukan tergolong sebagai perbuatan sia-sia..[jika yg terakhir, berapa juta hurufkah yg bernilai sia-sia?😕 ]

    Bantu saya ya mas..🙂

    saya yang harusnya dibantu nih mas : )

  8. Blog adalah suatu sarana untuk menuangkan ide pribadi yang baik-baik, dan semoga orang mengambil ilmu yang baik-baik, dan menyebarkan ilmu yang baik-baik, sangat khawatir akan isi/content yang memudharatkan orang lain,karena merasa bertanggung jawab, sebagaimana lisan juga akan dipertanggung jawabkan. Menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah kepada yang mungkar, banyaknya traffic artinya banyaknya kebaikan yang bisa disebarkan jika contentnya adalah kebaikan, menyeru kepada Iman dan Amal Shalih. Menghilangkan ego,keakuan, perasaan ujub, yang ada hanya keikhlasan semata mengharap perjumpaan dengan Allah swt. “Comment” yang baik adalah comment dari orang-orang yang siap beramal dengan paparan sang penulis jika itu baik.

    Subahanallah, terima kasih mas momon atas nasihatnya……..bisa jadi memperbaiki motivasi kita semua….

  9. nambahin ah…
    – tempat buat “nyerang” orang / adu argumen
    – tempat buat belajar memahami diri sendiri lewat tulisan

    ya seperti dua mata pisau saja🙂

    waaaah nanti bisa2 ada perang dunia maya 1 nyaingin perang dunia beneran ( world illusion war 1 )🙂, kalau yg kedua itu tempat memahami diri sendiri itu setuju juga deh

  10. blog buat saya..?
    1. pengen nulis…
    2. pengen kebiasa nulis…
    3. pengen mbuat orang ketawa–or at least terhibur–dengan baca blogku.. walaupun benernya blogku biasa.. huhu…
    4. dapet info2 yang lumayan dari blog tetangga…
    5. yang pada akhirnya berefek pada penambahan kuota dalam list pertemanan saya…
    6. ngapain lagi yak..?
    7. buanyak deh..

    wkeke,, plak!!

    salam kenal,,
    http://anginbiru.wordpress.com

    heheehe, bisa bikin postingan baru nih kalau komentnya panjang begitu,siip deh

  11. Belajar nulis iya, nambah teman iya, belajar dan nambah ilmu pengetahuan iya, menghemat iya (karena gak perlu beli majalah, kalo mau baca tp gak ada bacaan baru… baca blog tetangga aja)….

    weleh2 sambil menyelam minum air, sekali merengkuh dayung , dua tiga pulau terlampaui ya….

  12. Aku mo’ nambahin sedikit Kak Adit, menurutku blog juga berfungsi untuk “Amar ma’ruf nahi munkar, memotovasi diri dan orang lain agar lebih baik lagi, membuat diri &orang lain bahagia, ajang ta’arruf untuk menambah saudara & menambah ilmu, mendekatkan diri kepada Alloh SWT ini yang terpenting krn untuk apa semua keindahan, kepintaran, kekayaan, dll kalau semua itu membuat kita menjadi jauh dari Alloh SWT.”

    subhanallah, lengkap sekali ….bagus itu

  13. menurut saya blog juga sebagai sarana saling mencurahkan kasih sayang antar suami istri… (maklum, saya ini suami perantauan)😉

    iya mas, saya liat mas dan istri komunikasinya di blog ya…..keren juga …..

  14. blog bagi saya adalah tempat saya nulis dan kawan-kawan saya mengomentari dan tak jarang juga misuh2i saya🙂

    —salam—-

    wah dimisuhi juga ya, tanda sayang

  15. Salam kenal ya …postingnya menarik.
    Ngeblog buat saya:
    1. Catatan dan kenangan untuk anak saya kalau dia sudah besar nanti, tanpa perlu khawatir ‘buku harian’ saya hilang ato rusak krn kebanjiran
    2. Berita ttg kami bagi keluarga dan teman nun jauh di kota/negara lain
    3. Komentar/opini pribadi ttg berbagai hal/topik
    4. Buang unek2 kalau lagi kesal
    5. Ngomongin yg gak penting dan gak perlu, yg kalau diomongin dg suami bisa kena ‘ceramah’🙂
    karena ‘tidak bermutu’

    Hmm…mau tambah lagi gak ya? hehe

    ternyata berguna juga…….jangan nambah lagi deh mba……mendingan buat posting baru aja kalao nambah lagi….: ) bercanda

  16. Sebenarnya sifat2 negatif manusia seperti itu diberikan juga oleh Allah swt. Sifat2 negatif yang diberikan dari Allah tersebut tentu sulit kita buang, dan dalam setiap generasi pasti akan ada hal2 negatif seperti itu.

    Namun kita juga diberi akal oleh Allah swt, kita juga dapat berfikir bagaimana sifat2 negatif tersebut akhirnya dapat merusak umat manusia sendiri (walaupun saya percaya setiap hal2 yang diciptakan oleh Allah pasti ada gunanya, sejelek apapun, Allah maha tahu segalanya!). Untuk itu manusia harus belajar “hidup berdampingan” dengan sifat2 negatif tersebut yaitu dengan cara harus dapat mengendalikan sifat2 negatif tersebut dan andaikata kita bertemu dengan sifat2 negatif tersebut atau orang2 dengan sifat2 negatif tersebut kita harus dapat mengatasinya dengan cara yang TEPAT.

    mesti kaya ikan laut kali ya?walaupun hidup dilingkungan yang asin(air laut)tapi dagingnya ga ikut asin

  17. Buat saya, blog adalah tempat komunikasi saya dengan suami yang nun jauh disana. eh ternyata malah dapet banyak temen.
    sejauh kita melihatnya positif, blog itu ga ada yang salah kok…

    syukur deh, ikut seneng

  18. aku ambil options 1 : tempat hiburan….!!hihihihi…dibalik rutinitas kerjaan-kuliah cuma ini ajang satu2nya buat mengekspresikan diri yg pastinya menghibur terutama klo direspon dgn komen yg lucu2!😉

    ok deh, daripada ketempat hiburan yang ga jelas……makan ubur 2 sama permen, sambil menghibur dapet koment

  19. buat saya daripada diem kayak orang bego
    mau demo nggak punya massa
    mau nyumbang pendapat gak punya media
    mau cari kawan nggak punya sarana
    mau cari jodoh gak punya cara
    mau sekedar iseng gak punya tempat
    jadi penulis di media gak diterima
    bikin buku gak laku-laku
    mau jadi anggota DPR nggak punya doku
    mau jadi presiden gak punya garis turunan
    mau jadi olahragawan gak bakat
    maka …negbloglah….

    : ) hehehe lucu juga, kayanya banyak yang setuju dengan alasan daeng, atau bisa dibilang rata2 ngeblog karena itu, begitu ya?

  20. tempat buat nge-junk😛

    nge junk itu yang masukin bola basket ke dalam keranjang dengan cara lompat dan memasukkan langsung dengan tangan ke dalam keranjang ya du????

  21. nge-blog karena disuruh orangtua..
    hihihihihi, boong banget🙂

    kalau ga mau, ga dikasih uang jajan ya tehaha?atau dimasukkin kamar mandi terus diguyur pake air : ). nasib kalau punya orang tua blogger

  22. ingin menyebar kebaikan, ingin sedikit curhat tanpa harus ngomongin orang, ingin juga berbagi pikiran.

    keinginan nya bagus semua

  23. Blog jadi catatan perjalanan saya
    banyak belajar dari mana saja, siapa saja,
    bagaimana menghadapi ujian dalam rangka
    menghindari jalan fujur
    menggapai jalan taqwa
    mudah-mudahan bermanfaat juga bagi yang membutuhkan

    insya Allah…….

  24. A blog (an abridgment of the term web log) is a website where entries are commonly displayed in reverse chronological order. “Blog” can also be used as a verb, meaning to maintain or add content to a blog. Oke Mas Adit……………………

    ok to wadesnay…nopisno, bhs englishnya pasih juga….apa copy paste…..?thanx ya nyempetin mampir……masih jomblo kan to?kapan undangannya?

  25. nge-blog ya…
    tempat berbagi…
    – berbagi cerita
    -berbagi pengalaman
    -berbagi ide
    -berbagi kabar
    -berbagi teman, ga bisa dong dikekepi sendiri heheh

    btw blognya bagus ….komen yg msk byk amat…boleh berbagi…? *lah opo iki*

    makasih,ambil deh🙂

  26. nambah satu, blog tu jadi tempat buat nulis opini…
    soalnya suka malu kalo ditulisnya di koran..hehehe😀

    eh eh ada tempat perawan nyari bujang tapi kok ndak ada tempat bujang nyari perawan toh?🙄

    kalau saya karena ga ada koran yang mau nampilin opini saya : ) | ” kok ndak ada tempat bujang nyari perawan toh? :roll:”
    biar yang baca bisa kostumisasi sendiri

  27. ngeblog..kebebasan expresi.
    kalau buatku yang tulisannya selalu ditampik Redaksi ..( kacian deh ). dengan blog kita bisa nulis sepuasnya tanpa ada dewan redaktur yang menyortir…n..sedikit bisa narsis..hehe asal porsinya ga kebanyakan kaya Fs ( kubur dalam-dalam..heheheh ).

    pake pasir nguburnya , kaya kucing

  28. Pingback: “Opini tentang alasan orang membuat blog” « There is a next life after this life

  29. sebagai tempat belajar, latihan nulis, pengaktualisasian diri *halah* dan mengurangi stres.. ups apa hubungannya?
    ya terserah saya dunk kalo ternyata bikin blog itu bisa mengurangi stres

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s