Al Hikam 90 | Hikmah dibalik adanya suka dan duka

Allah melapangkan bagimu, supaya engkau tidak selalu dalam kesempitan, dan Allah menyempitkan bagimu supaya engkau tidak hanyut dalam kelapangan, dan Allah melepaskan engkau dari keduanya, supaya engkau tidak bergantung kepada sesuatu selain Allah.

Allah merobah – robah keadaanmu dari sedih ke gembira, dari sehat ke sakit, dari kaya ke miskin, dari terang ke gela, supaya mengerti bahwa engkau tidak terbebas dari hukum ketentuanNya, supaya engkau selalu berdiri di atas landasan Laa Haula Wala Quwwata Illa Billah. ( Tidak ada daya untuk mengelakkan sesuatu dan tidak ada kekuatan untuk melaksanakan sesuatu, kecuali dengan pertolongan Allah ta’ala.


Firman Allah :

Supaya kamu tidak sedih terhadap apa yang terlepas dari tanganmu, dan tidak gembira atas apa yang diberikan kepadamu.

2 thoughts on “Al Hikam 90 | Hikmah dibalik adanya suka dan duka

  1. Laa Haula Wala Quwwata Illa Billah. ( Tidak ada daya untuk mengelakkan sesuatu dan tidak ada kekuatan untuk melaksanakan sesuatu, kecuali dengan pertolongan Allah ta’ala.

    Hal ini diet yg terkadang gw lupa, makasih dah diingetin.

  2. txs. aku termasuk yg sering diuji kesabaran mas, ak sering bgt sakit. baru2 ini sampai opname, pernah aku sampai pada titik putus asa, capek dg semua, knp ak sakit terus, ak ga bisa bebas beraktivitas. krn capek dikit pasti ambruk, gmn ngatasinya ya….

    alhamdulillah, bismillah…pertama2 kita sama sadari bahwa setiap musibah (sesuatu yg tidak sesuai dg keinginan kita ) menimpa umat muslim seperti sakit itu adalah penggugur dosa, semua datang dari Allah dan Allah maha menyembuhkan. Yang kedua ada kehidupan setelah kehidupan di dunia, dunia sementara, akhirat selamanya. Para nabi di uji dan di coba oleh Allah, bukan berarti mereka dibenci tetapi mereka di sayang oleh Allah, mereka senantiasa mendekatkan dirinya kepada Allah dan berbaik sangka terhadap Allah……Nabi Yusuf dengan dipenjaranya, nabi Yunus ditelan ikan, nabi Muhammad SAW, Nabi Ayyub dengan penyakit kulitnya, dan para nabi yang lain….semoga Allah mengampuni dosa2 kita dan memasukkan kita kedalam golongan orang yg diselamatkan Allah di dunia dan akhirat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s