" Belajar Bersyukur "

(QS. 14. Ibrahim : 7)
“Dan (ingatlah), tatkala Tuhanmu memaklumkan : “Sesungguhnya jika kamu
bersyukur, niscaya Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu
mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”

Seringkali kita disibukkan menulis target – target jangka panjang, apa saja yang akan impikan atau kita inginkan, tetapi terkadang setelah apa yang kita impikan itu berhasil kita gapai atau Allah SWT telah berikan apa yang kita inginkan kita lupa untuk mensyukurinya dan berterima kasih kepada Allah SWT, kita malah sibuk menulis lagi dan lagi tentang apa yang akan kita impikan

Mungkin itu semua terjadi karena ketidak sengajaan kita atau kealfaan kita sebagai makhluk yang lemah atau bisa jadi dikarenakan ketidak biasaan kita mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita.

Saya pernah membaca sebuah buku yang bercerita tentang pengalaman si penulis mempersatukan sebuah kelas dalam universitas, bagaimana agar anggota yang berada dalam kelas dapat lebih akrab satu sama lain, si penulis ini membuat sebuah kertas yang isinya :

Saya menyukai Si ………..
karena:
1.
2.
3.
4.

semua dipaksa untuk melihat sisi baik dari sesama anggota kelas,dipaksa mencari kebaikan dari sesama anggota kelas meskipun mungkin ada yang terkenal bandel dan tidak ada kebaikannya, tetapi semua dipaksa menghidupkan pandangan baik dan mengesampingkan pandangan buruknya.

Berikut dibawah ini ada isian yang bisa kita isi sebagai latihan diri sendiri agar terbiasa bersyukur, dan manfaatnya akan membuka hati kita apabila merasa bahwa diri kita hari ini adalah diri yang paling tidak beruntung dimuka bumi. Isian ini akan mengajak pikiran kita dan hati kita untuk mencari kenapa kita harus bersyukur hari ini atau apa yang patut saya syukuri hari ini, sehingga akan memalingkan dan mengajak hati untuk bersyukur dan mencari bahwa Allah itu memberikan kebaikan kepada kita hari ini yang patut kita syukuri. Insya Allah. Semua isian harus diawali dengan Alhamdulillah

Kenapa Saya Harus Bersyukur Hari ini :

1.Alhamdulillah hari ini(misal)saya dapat teman baru yang baik.
2.Alhamdulillah hari ini(misal)saya dapat uang dari saudara saya.
3.Alhamdulillah hari ini(misal)perjalanan ke kampus atau kantor lancar
4.
5.
6.
dst…..

semakin banyak hal yang kita syukuri maka semakin baik dan kita akan melihat bahwa Allah senantiasa memberikan kasih sayangnya kepada kita dan kita akan melihat bahwa kita termasuk orang yang beruntung. Ingat! yang kita tulis adalah hal – hal yang bisa membuat kita bersyukur kalau merasa ga ada yang patut disyukuri hari ini, cari terus pasti ada, kita berpikir keras mencari.

Selamat mencoba. Kalau ada salah boleh dikoreksi, kalau ada yang kurang boleh ditambahi.

Thanx. sengihnampakgigi

12 thoughts on “" Belajar Bersyukur "

  1. Alhamdulillah, gw dekenalin orang sebaik elo.
    Alhamdulillah, elo mau bantuin renovasi blog gw.
    Alhamdulillah, bay wahab mau datang tanggal 3,4 desember.
    Alhamdulillah, dua minggu yang lalu nusrah jamaah 3 hari
    alhamdulillah bulan desember dede mau menikah.
    Alhamdulillah karena allah masih beri saya hidup.
    Alhamdulillah karena saya di pilih sebagai ummat Nabi Muhamad saw

  2. «»KISAH TELADAN«»

    AlQisah…

    Suatu hari ada seorang yg miskin dtang menghadap Nabi Musa AS. Ia begitu miskinnya pakaiannya compang-camping dan sangat lusuh berdebu. Si miskin itu kemudian brkata kpd Baginda Musa AS. “Ya Nabiyullah, Kalamullah, tolong sampaikan kepada ALLAH SWT permohonanku ini agar ALLAH SWT menjadikan aku orang yang kaya. Nabi Musa AS tersenyum dan berkata kepada orang itu, “saudaraku, banyak-banyaklah kamu bersyukur ALLAH SWT!” Si miskin itu agak terkejut dan kesal, lalu ia berkata, “Bagaimana aku mau banyak brsyukur, aku makan pun jarang, dan pakaian yg aku gunakan pun hanya satu lembar ini saja”!. Akhirnya si miskin itu pulang tanpa mendapatkan apa yang diinginkanny. Beberapa waktu kemudian seorang kaya datang menghadap Nabi Musa AS. Orang trsebut bersih badannya juga rapi pkaiannya. Ia berkata kepada Nabi Musa AS, “Wahai Nabiyullah, tolong sampaikan kpda ALLAH SWT permohonanku ini agar dijadikannya aku ini seorang yang miskin, terkadang aku merasa terganggu dengan hartaku itu. Nabi Musa AS pun tersenyum, lalu ia berkata, “wahai saudaraku,kalo begitu jngnlah kamu bersyukur kepada ALLAH SWT”. “Ya Nabiyullah, bagaimana aku tidak bersyukur kepada ALLAH ? ALLAH SWT telah memberiku mata yang dgannya aku dapat melihat. Telinga, yang dengannya aku dapat mendengar. ALLAH SWT telah memberiku tangan yang dengannya aku dapat bekerja dan telah memberiku kaki yang dengannya aku dapat berjalan, bagaimana mungkin aku tidak mensyukurinya”, jawab si kaya itu pun pulang ke rumahnya. Kemudian terjadi adalah si kaya itu semakin ALLAH SWT tambah kekayaannya karena ia selalu bersyukur. Dan si miskin menjadi bertambah miskin. Allah mgmbil semua kenikmatan-Nya sehingga si miskin itu tidak memiliki selembar pakaianpun yang melekat ditubuhnya. Ini smua krna ia tidak mau bersyukur kepada ALLAH SWT.
    -sumber: 101 kisah teladan versi 1.0 (Mobile ph0ne application). Programmed by:Novel Yahya

  3. Bersyukur kepadaNya dapat dimulai ketika kita bangun dari tidur: “Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nya kami kembali.”

  4. To : Sachroel

    Mudah2 an kita bisa jalanin yaaaa !!! do’ain roel…..

    To: A.G. Syam

    Kayanya saya mesti revisi postingan ini dengan menambah kalimat dari mas syam…..

  5. Asl…mas..aditya..salam kenal…banyak manfaat di sini, apalagi dengerin tombo ati-nya opic…gimana ya cara masukin ke blog saya ?

  6. Alhamdulillah hari ini saya bisa sholat berjamaah
    Alhamdulillah hari ini saya dapat rizki yang tak disangka2
    Alhamdulillah hari ini saya sempat membuka blog ini dan tertarghib
    Alhamdulillah hari ini saya masih punya iman
    Alhamdulillah hari ini saya masih sehat untuk habiskan umur dengan ibadah yang sempurna
    Alhamdulillah hari ini saya datang kantor tepat waktu
    Alhamdulillah hari ini saya masih rindu kampung akhirat (semoga ALLAH menyelamatkan aku)
    Alhamdulillah hari ini saya belum ditagih iuran oxigen, Penerangan Matahari, maintenance alam semesta untuk ku nikmati
    Alhamdulillah..
    Alhamdulillah..
    Alhamdulillah..
    Alhamdulillahi Robbil ‘alamiiin..

Leave a Reply

