Result Survey Selama 3 Hari

Alhamdulillah, kita semua telah menyelesaikan survey yang diadakan selama 3 hari mulai tanggal 13 – 15 November 2007. Terima kasih banyak untuk shabat-shahabat sekalian yang sudah ikut berpartisipasi menyukseskan jalannya survey, sudah mau menyempatkan waktu dan tenaganya untuk memberikan pendapat maupun saran yang tentunya menentukan hasil dari survey yang dilakukan.

Hasil dari survey ini belum bisa dijadikan acuan yang sangat tepat buat para blogger, dikarenakan jumlah yang memberikan comment tidak sebanding dengan jumlah Blogger yg sangat banyak sekali tetapi paling tidak mewakili pendapat dari Blogger yang ada.

Untuk sekedar Review maka saya tampilkan judul dari survey yang kemarin kita lakukan serta pilihan jawabannya sebagai berikut :

Kenapa Blogger, Non-Blogger dan atau Anda memberikan komentar pada sebuah postingan di sebuah Blog ?

1. Karena postingannya menarik
2. Karena postingannya jelek
3. Karena yang mosting atau empunya blog ganteng
4. Karena yang mosting atau empunya blog cantik
5. Karena kasian
6. Karena diancam suruh komentar
7. Karena ga enak
8. Karena temen sendiri
9. Karena lagi PDKT dengan si empunya blog
10. Karena mengharapkan di commentarin balik
11. Karena hobi komentar
12. Karena kerjaannya komentar| Nama : fulan; Status: Bujangan; Pekerjaan: Komentar
13. Karena simpati dengan si empunya Blog
14. Karena kesal dengan si empunya Blog
15. Karena untuk mengekspresikan diri
16. Karena ga punya Blog jadi numpang posting di Blog orang lain dengan jalan komentar
17. Karena kalau komentar utang kemarin mbeli barang secara online lunas
18. karena terikat kontrak selama 6 bulan setiap hari harus komentar di blog tertentu dengan imbalan tertentu atau istilahnya joki komentar
19.Karena…………(isi sendiri kalau ada alasan lain )…………..

Nah, berbagai jawaban pun terlontar dari para Blogger maupun Non Blogger. Ada yang sesuai dengan pertanyaan, ada yang enggak, ada yang spiritual, ada yang lucu, ada yg jujur dan ada juga yang komentar mirip seperti postingan karena panjangnya………..

Berikut petikannya jawaban dari para blogger yg saya susun berdasar kelas:

SPIRITUAL
herry said…
menurutku karena sudah takdir…🙂
November 14, 2007 12:17 PM

LUCU
atmo said…
karena atikelnya menarik bos..tapi…hiks berarti blogku gak menarik dong…kek..kek..kek..( karena ga ada yg comment-red)

JUJUR
Dony Alfan said…
1. Karena postingannya menarik
4. Karena yang mosting atau empunya blog cantik
5. Karena kasian
6. Karena diancam suruh komentar
7. Karena ga enak
8. Karena temen sendiri
9. Karena lagi PDKT dengan si empunya blog
10. Karena mengharapkan di commentarin balik
13. Karena simpati dengan si empunya Blog

*Saya jawab sejujur-jujurnya…
November 14, 2007 2:10 PM

HIDAY said…
jujur, jawaban saya adalah nomer 1 (jelas) dan 19.
isi dari nomer 19 saya adalah sering blogwalking. jalan-jalan keliling, liat-liat blog. bacaannya menarik, berhenti dan pasti ngisi komentar. intinya, suka blogwalking. gimana yang lain?
>>jawabannya yg kreatif ya!<<
To: Mas Tuwloh :> sudah di revisi nih, sorry ya kelewatan dan terlambat.

GA PUNYA BLOG

Anonymous said…
AsLmkum..
WELL 1st of all, ksh k0men coz emank “menyentuh” untk dik0mentari. The second,Krna pnya kdkatan pribadi so kyakny tngan greget aja untk ksh k0men itung2 silatrhmi . Nah yg ktiga niH, jika emank P0stingn nya nyambung bngt ama pikirn n jiwaku, trkdang greget jg pgen numpng k0men (hah?numpang k0men?brarti gak punya blog? Emank iya!!!) dgn niat siapa tau aj bisa meneruskan, menambahkan atau meluruskan postingan sebelumny. Yah itung2 berdakwah. Last but not least kyakny jg gak penting bgt qt mgharapkn dik0mentari or Not. Krn kalo niatny pgn dik0mentari bisa2 “giLa K0mentar” *lol* or pling bnter ujung2ny males ngeblog lg deh(wlopun tdk smua orng yg “lg cuti” ngeblog bralasan demikian). Hmm aplgi bg mreka yg pgen agar blogny brnilai dakwah. Yah smga trhindar dari perasaan riya dan sum’ah.wllahualam bishowab. afwn kpnjngan. Syukr0n katsiraan. Wasalam🙂
November 13, 2007 11:13 PM


RESULT:

1. Karena postingannya menarik = 24
2. Karena postingannya jelek = 3
3. Karena yang mosting atau empunya blog ganteng = 0
4. Karena yang mosting atau empunya blog cantik = 1
5. Karena kasian = 1
6. Karena diancam suruh komentar = 2
7. Karena ga enak = 2
8. Karena temen sendiri = 7
9. Karena lagi PDKT dengan si empunya blog = 1
10. Karena mengharapkan di commentarin balik = 1
11. Karena hobi komentar = 3
12. Karena kerjaannya komentar| Nama : fulan; Status: Bujangan; Pekerjaan: Komentar = 0
13. Karena simpati dengan si empunya Blog = 1
14. Karena kesal dengan si empunya Blog = 0
15. Karena untuk mengekspresikan diri = 0
16. Karena ga punya Blog jadi numpang posting di Blog orang lain dengan jalan komentar = 1
17. Karena kalau komentar utang kemarin mbeli barang secara online lunas = 0
18. karena terikat kontrak selama 6 bulan setiap hari harus komentar di blog tertentu dengan imbalan tertentu atau istilahnya joki komentar = 0
19.Karena…………(isi sendiri kalau ada alasan lain )………….. 0

kalau saya, pertama karena postingannya menarik, postingannya tidak sesuai dengan pendapat saya, dan kalau saya lagi sempat blog walking dan baca – baca karena waktu dan keuangan sempit jadi kalau saya ga commentar ditempat sahabat – sahabat bukan berarti postingan sahabat jelek , ga juga….yg pasti saya ikut baca tapi kalau comment mungkin akan disempatin kalau bisa….

yang pasti buat aja postingan yang sebaik-baiknya karena yakin aja postingan kita pasti ada yang baca dan kalau bisa bermanfaat.


berikut ini komentar2 lengkap yg terkumpul kemarin :

1. Ghozast 321 said…
alesan ghozast sih yang no.1 ama 2…BRAVO BLOGGER
November 13, 2007 9:18 PM

2. aNDy said…
kalo menurut saya sih, karena postingannya menarik, selain itu terkadang sayapun suka komentar jika postingannya kontroversial dengan kata hati saya… hihihi…

semangat terus ya mas…!
November 13, 2007 9:54 PM

3. HIDAY said…
jujur, jawaban saya adalah nomer 1 (jelas) dan 19.
isi dari nomer 19 saya adalah sering blogwalking. jalan-jalan keliling, liat-liat blog. bacaannya menarik, berhenti dan pasti ngisi komentar. intinya, suka blogwalking. gimana yang lain?
>>jawabannya yg kreatif ya!<<
November 13, 2007 10:12 PM

4. NN said…
Aduh cape deh, yang lain kasusnya masalah blogger yang copas , ini kok malah masih komen aja, gw pikir dah rapi dari kemarin.

oke , gw komen karena disuruh elo he..he..he.. becanda.

Gini ya adiet yang ganteng bapak satu anak, he..he.he..

Setiap orang memiliki isi kepala yang berbeda dan tentu aja jalan pikirannya juga beda sesuai dengan kualitas pendidikan dan pengalaman hidup.

Untuk masalah alasan kenapa orang memberikan komen tentunya juga berbeda sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan orang tersebut.

Dan 19 pilhan yg elo sajikan, gw rasa sudah cukup mewakili sebagian besar alasan orang meninggalkan komen. dan kalau untuk gw pribadi , alasa gw ninggalin komen karena gw lagi suka aja ma tulisan / topik yang di bahas, bukan berati kalau gw gak komen berati gw gak suka.

Kaya elo baca koran, gak semua berita elo komentarinkan, dan bukan berati berita yang gak elo komentarin lebih buruk dari yg dikomentarin. begitu aja bapak adiet , sekian dan terima kasih.

Oh iya katanya blognya tampilannya beda kok masih sama aja.
November 13, 2007 10:24 PM

5. Gege said…
komen karena blognya menarik, isinya bagus, dan juga biasanya temen sendiri.. Tapi kebanyakan sih karena isinya bagus..
November 13, 2007 10:39 PM

6. Ipul Anwar said…
Kalau saya jelas no.1 Karena postingannya menarik, selain menghargai jerih payah si empunya blog utk membuat sebuah postingan yang menarik (tapi bukan yg kopipas ya…)

Mas kebetulan saya juga baru posting mengenai komentar yg 0 (nol) seperti ini hari minggu kamaren di Millis TDA, ada tanggapan menarik dr founder TDA yg di copy di blog-nya, bisa liat di sini: http://roniyuzirman.com dengan topik: Let’s Change The World with Blogging
November 13, 2007 10:54 PM

7. Anonymous said…
AsLmkum..
WELL 1st of all, ksh k0men coz emank “menyentuh” untk dik0mentari. The second,Krna pnya kdkatan pribadi so kyakny tngan greget aja untk ksh k0men itung2 silatrhmi . Nah yg ktiga niH, jika emank P0stingn nya nyambung bngt ama pikirn n jiwaku, trkdang greget jg pgen numpng k0men (hah?numpang k0men?brarti gak punya blog? Emank iya!!!) dgn niat siapa tau aj bisa meneruskan, menambahkan atau meluruskan postingan sebelumny. Yah itung2 berdakwah. Last but not least kyakny jg gak penting bgt qt mgharapkn dik0mentari or Not. Krn kalo niatny pgn dik0mentari bisa2 “giLa K0mentar” *lol* or pling bnter ujung2ny males ngeblog lg deh(wlopun tdk smua orng yg “lg cuti” ngeblog bralasan demikian). Hmm aplgi bg mreka yg pgen agar blogny brnilai dakwah. Yah smga trhindar dari perasaan riya dan sum’ah.wllahualam bishowab. afwn kpnjngan. Syukr0n katsiraan. Wasalam🙂
November 13, 2007 11:13 PM

8. achmad said…
hm………….,kalau saya setuju yang nomor satu yah…..,dan didunia blogger biasa setuju kok…..
makasih…..yah udah berkunjung.
November 14, 2007 6:49 AM

9. Faizal said…
saya mah biasanya ngomentarin isi postingannya aja, ngga mau OOT.

soal kenapa ada blog yg ngga ada komentnya sama sekali mungkin si blogger jarang blogwalking and trafficnya jadi kurang rame.

🙂
November 14, 2007 7:44 AM

10. Heny said…
Aku termasuk orang yang muales banget meninggalkan jejak apalagi untuk isi koment…meski postingannya keren..bw yah bw aja…biasanya temen -temen yang sering aku bw ketempatnya sih aku ngasih koment…meski postingannya sederhana banget…gak kreati ya gw…hehheehe…
November 14, 2007 8:03 AM

11. dinda said…
kalo kita nulis blog dan semua org boleh membacanya, kita hrs siap utk menerima ataupun tdk menerima komentar, namanya juga konsumsi umum, apapun hrs siap dgn komen yg ada maupun yg ga ada😉
November 14, 2007 8:04 AM

12. an diana said…
nomer 1 dan nomer 11 mungkin?

karena pengen komentar ajah. apalagi kalau isinya bagus dan menarik. kalau gak perlu dikomentarin, ngapain cape2 nulis? dibaca ajah. Aku jug agak maksa orang yang mampir ke blog aku untuk kasih komentar. dikomentarin ya syukur, gak juga makasih udah dibaca.

blog aku kan blog pribadi, ungkapan isi hati pribadi, tidak diwajibkan untuk dikasih komentar. Tapi alangkah senangnya kalau ada yang kasih komen berarti dia perhatian sama aku (terima kasih buat seluruh teman2 blogger yang aku sayang)

tapi kadang, karena aku seorang freak blogger alias gila jalan2 liat blog2 orang lain bahkan yang sama sekali aku gak kenal, aku berhenti, baca, kalau ada yang pelu dikomentarin ya aku tulis. Kalo nggak, tapi blognya bagus, aku minta dia dateng ke blog aku. Nambah sodara itu wajib buat aku. Makin banyak sodara, rejeki makin banyak..Insya Allah…😉
November 14, 2007 8:27 AM

13. Spedaman said…
komentarin isi postingan yg menarik, bwt meninggalkan jejak sama mempunyai banyak teman:D
November 14, 2007 8:30 AM

14. yoxx said…
kalau artikelnya bagus, komen diberikan untuk 3 alasan:
1. memuji dengan tulus hasil karya bagus tsb🙂
2. menambah, bila ada yang kurang
3. menyanggah, bila itu cuma hoax atau artikel gak bener (menurut saya)

nah kenapa anda jarang kasih komentar?
November 14, 2007 9:12 AM

15. Dhona said…
Biasanya kalo saya memberikan komentar karena 2 alasan. Postingannya menarik dan saya emang hobi memberikan komentar.

Kalo bagi saya setiap komentar yang diberikan di blog saya, amat sangat saya hargai makanya saya juga senang memberikan komentar di blog lain.

Begitu lho pendapat saya..
November 14, 2007 9:26 AM

16. LifeByYourHand said…
No.1 my friend
karena isi postingnya bagus, why not ?
kita pasti kasih koment…
November 14, 2007 9:31 AM

17. Jaisy01|http://suara01.blogspot.com/

kayaknya saya cenderung no 7 deh🙂
November 14, 2007 10:14 AM

18. http://www.webersis.com/
Ersis Warmansyah Abbas

1. Postingan menarik. Ctt. Saya malas komentar di blog yg harus pakai daftar atau ngisi segala macam (blogspot, multtply, dsb)
November 14, 2007 10:23 AM

19. atmo said…
karena atikelnya menarik bos..tapi…hiks berarti blogku gak menarik dong…kek..kek..kek..
November 14, 2007 10:49 AM

20. nila maulizar said…
hmmm..karena apa yaaa
seringnya sih karena temen sendiri, mau menarik atau gak tuh postingan, kl udah jd temen ya jd menarik aja…krn jd tambah tau apa yg dialamin si temen itu. Alesan lainnya (selain temen) biasanya pasti karena menarik. Entah blognya yg menarik, postingannya, karakternya, orangnya, pokoknya ada sesuatu yg menarik…
November 14, 2007 11:51 AM

21. herry said…
menurutku karena sudah takdir…🙂
November 14, 2007 12:17 PM

22. Dony Alfan said…
1. Karena postingannya menarik
4. Karena yang mosting atau empunya blog cantik
5. Karena kasian
6. Karena diancam suruh komentar
7. Karena ga enak
8. Karena temen sendiri
9. Karena lagi PDKT dengan si empunya blog
10. Karena mengharapkan di commentarin balik
13. Karena simpati dengan si empunya Blog

*Saya jawab sejujur-jujurnya…
November 14, 2007 2:10 PM

23. http://hal-wanita.blogspot.com/

# aku pilih no satu karena menarik dan kebetulan mood nya lagi bagus untuk ngomentrain tuh blog hehe

Details
2007-11-14 7:37 AM
#

24. # citra karena com aku lambat, jadi aku comen disini aja ya… jgn marah ya mas..
November 14, 2007 2:53 PM

25. SHALEH said…
Saya Pilih yang No. 1…walaupun terkadang sering koment pada hal2 yang bertentangan pada hati.
November 14, 2007 3:20 PM

26. Seyren said…
Hmm.. biasa sih aku ninggalin komen kl memang ada pendapat yg ingin aku sampein yg berhubungan dgn post itu. ga ada hubungannya sm empu blog tsb. sungguh. hehe.. :p
November 14, 2007 4:58 PM

27. novie-pinky said…
kalo saya mah :

1. karena blog temen yang suka kasih koment di blog saya.
2. karena isi postingannya menarik dan menggelitik untuk diberi koment.
3. karena emang lg pengen kasih koment aja…

ech saya ga milih dr pilihan gpp ya mas..
^_^
November 14, 2007 8:24 PM

28. CempLuk said…
karena blogwalking itu menyehatkan..:p tapi jangan lupa waktu n lupa diri..
November 14, 2007 11:02 PM

29. Mpie said…
ikut comment yah…knapa yah mau comment disini..krn udah banyak yg comment juga *gubrax..

kalo saya coment di blog yg laen yg pertama jelas krn isinya bagus, menarik, dan emang cocok untuk di comentarin. yg kedua biasanya krn udah kenal dgn si empunya blog, yg ketiga karena pengen di coment balik, yg ke empat karna dipaksa, yg kelima karena pgn di traktir, yg ke enam cukup sekian aja.
November 15, 2007 2:22 AM

30. SatoNa said…
Kalo aku sih kasi komentar krn postingannya menark.. (yah kayak sekarang ini. hehe..)

Hmm.. mungkin juga ada faktor supaya dapet komentar jg. haha.. soalnya aku menganut kalo berbuat sesuatu, pasti dibales.. jd kl ada yang kasi komentar yah dibales komentar. hehe.. kalo aku kasi komentar, yah berharap dikasi komentar jg. hhooho..
November 15, 2007 7:25 AM

31. Ilma said…
Yang jelas sih alasan utamanya no #1 Mas, karena postingannya menarik. Jadi pengen kasih komentar. Trus kita kasih komentar juga ada kontribusinya gitu bagi si penulis (misal: saran, sharing pengalaman, dll).
November 15, 2007 7:37 AM

32. alia pewe said…

kl saya biasany komentar karena :
– postinganny menarik
– karena temen sendiri ( ini lebi byk berlaku d blog friendster :p )
ud sih paling it aja

oiya sm kl dya ga pnya shout box
jadi kl maw komunikasi kan maw ga maw mesti ngasi komen.. x)

November 15, 2007 6:30 PM
Delete

33. isnuansa said…

yang pasti karena saya sudah selesai baca postingannya, ngerti, dan menarik.

November 15, 2007 7:01 PM
Delete

34. pqcms said…

saya biasanya karena postingannya menarik dan akunya gak ngerti jadi ngisi comment buat nanya ^_^, juga karena form comment nya udah siap alias tinggal ngisi! jadi kan cepet ngomentarinya!!! blog mu bagus juga! contentnya jadi iri nih aku… he..he..

thanx to :

ghozast surakarta http://ghozast321.blogspot.com/
tuwloh http://tuwloh.blogspot.com/
landy http://harapandiri.blogspot.com/
gege http://greicheanwar.blogspot.com/ serdang, selangor malaysia
ipul anwar http://ipulanwar.blogspot.com/ jakarta
faizal http://cameljourney.blogspot.com/ bogor
heny http://journalofme.blogspot.com
an diana http://romanpicisan.blogspot.com/ depok
spedaman http://sidhani.blogspot.com/ jakarta
yoxx http://yoxx.blogspot.com/ Malang
dhona http://keluargabroto.com
lifebyyourhand http://lifebyyourhand.blogspot.com/ samarinda
atmo http://atmo-blog.blogspot.com
ermunazi http://ermunazi.blogspot.com
dony alfan http://putradaerah.blogspot.com/ solo
shaleh http://shaleh86.blogspot.com/ banjarmasin
seyren http://a-recollection.blogspot.com/ jakarta
novie http://novie-pinky.com
andi bagus(cempluk) http://andibagus.blogspot.com/
mpie http://mpie05.blogsome.com
satona http://satona.blogspot.com/
ilma http://ipratidina.com/
ani http://anied.blogspot.com/
rheina http://thisisrheinadays.blogspot.com/
alia http://iniblogsaia.blogspot.com/

dan untuk semua yang telah mendukung dan membantu survey ini. Thanx A lot.(kalau ada yg belum ke link nanti posting aja lagi ya….maaf karena keterbatasan waktu dan tenaga serta biaya.

kalau saya pertama karena postingannya menarik, postingannya tidak sesuai dengan pendapat saya, dan kalau saya lagi sempat blog walking dan baca – baca karena waktu dan keuangan sempit jadi kalau saya ga commentar ditempat sahabat – sahabat bukan berarti postingan sahabat jelek , ga juga….yg pasti saya ikut baca tapi kalau comment mungkin akan disempatin kalau bisa….

11 thoughts on “Result Survey Selama 3 Hari

  1. sipp pak adityaaaaa…hasil surveynya cukup menarik🙂. maaf yaa saya blm smpt unjuk saran..ya spt yg pak aditya katakan, bs jadi keterbatasan waktu pembaca mjadi salahsatu alasan utk tidak mberi komen, dan bukan berarti kita tdk membaca postingan tersebut.

    ok,sukses terus pak!;)

  2. Udah kelar ternyata surveynya. Trus diposting, postingannya panjang banget. Ampe sesak nafas ngebacanya. Kalo ada survey lagi, aku mau ikutan lagi memberikan jawaban ah..

  3. aduh…

    maaf yah mas, saya baru ngisi komen!!

    kalo di blogspot aku sih, banyak komen yang menyimpang dari topik!!

    hehew,,

    soalnya kita udah saling kenal, makanya ngomongin hal yang lain!!

  4. dengan ekspresi sedih
    dan
    dengan nada kecewa
    saya berkomentar lagi……..
    saya tu kemarin sudah berpartisipasi dalam survey Anda. saya sudah menjawab dengan JUJUR, tapi kenapa saya tidak dimasukkan dalam kelas JUJUR??!!!?
    terus..
    saya dengan jujur memberikan jawaban 1 dan 19, tapi kenapa hasil survey Anda menyebutkan bahwa pilihan 19 tidak ada yang memilih.
    mau Anda apa seh??
    (dan berakhir dengan nada marah!)

  5. to : mas tuwloh saya baru mengerti kenapa mas tuwloh marah:
    . HIDAY said…
    jujur, jawaban saya adalah nomer 1 (jelas) dan 19.
    isi dari nomer 19 saya adalah sering blogwalking. jalan-jalan keliling, liat-liat blog. bacaannya menarik, berhenti dan pasti ngisi komentar. intinya, suka blogwalking. gimana yang lain?
    >>jawabannya yg kreatif ya!<<

    iya saya khilaf dan kurang teliti abis kan ngerjain nya manual dan agak terburu-buru karena dah malam baiklah akan saya revisi kembali hasilnya.

    jangan marah yaaa.. hehehehe tetep senyuuum….:)

  6. Salam Aditya,,maaf ya hari itu gak komentar..ujungnya Aditya nitip pesan dishoutbox saya..knapa saya gak ninggalkan komentar”””ah..kemaren saya sibuk pak::heheh,,mungkin cuma alasan aja ya..tapi solusinya begini..kenapa,mengapa dan ada apa,,sehingga sebuah blog tidak ada komentar”BLOGNYA TIDAK MESRA PENGUNJUNG dan TIDAK ADA SITUASI MEMBERI DAN MENERIMA,sederhana ya,,tapi luasss..kalo gak diberi tulisan enak dibaca yah gak nerima komentar,TAPI SAYA LEBIH RELA TIDAK ADA KOMENTAR DI BLOG SAYA,makanya saya pasang komentar secara manual aja..”””wah kepanjangan…tapi lagi mood best ini,,menanti sembahyang subuh…heheh..selamat bersahabat.

  7. to indah: oooh jadi dijadikan sarana chat ya….?

    to wuna : Datang aja sudah merupakan kehormatan buat saya ko.

    to ichawae : mudah2 an bermanfaat buat kita semua, kalau enggak yah sudah berusaha cha buat memberikan yang terbaik

Leave a Reply

