Survey : Kenapa Blogger, Non-Blogger dan atau Anda memberikan komentar pada sebuah postingan di sebuah Blog ?( 3 hari-start 13 November 2007)

Beberapa kali dalam perjalanan mengelilingi dunia maya, berkunjung dari satu blog ke blog yang lain, silaturahmi dari blogger satu ke blogger lain sahabat – sahabat sekalian sering saya memperhatikan ada blog yang postingannya tanpa comment sama sekali | 0 komentar atau 0 comment, tetapi ada juga yang 1, 2 atau 5 comment bahkan ada yang mencapai 40 sampai 60 comment.

Beberapa postingan yang saya baca dimana tidak ada satupun comment yang tertera disana dengan postingan yang terdapat banyak comment di sana isinya sama – sama bagus, template dan susunan sidebar juga sama – sama bagus, tetapi mengapa jumlah commentarnya berbeda?

Apa yang membuat sebuah postingan mendapat respon komentar yang banyak dan apa yang membuat para Blogger, Non-Blogger ataupun Anda meninggalkan sebuah atau lebih komentar?

Terkadang beberapa komentar yang saya baca nyambung dengan judul ataupun isi postingan tapi kadang – kadang saya menemukan komentar yang tidak nyambung sama sekali dengan judul ataupun isi postingan.

Berikut ini saya berikan beberapa pilihan jawaban untuk dipilih oleh anda sekalian sebagai jawaban atas pertanyaan :

Kenapa Blogger, Non-Blogger dan atau Anda memberikan komentar pada sebuah postingan di sebuah Blog ?

1. Karena postingannya menarik
2. Karena postingannya jelek
3. Karena yang mosting atau empunya blog ganteng
4. Karena yang mosting atau empunya blog cantik
5. Karena

kasian
6. Karena diancam suruh komentar
7. Karena ga enak
8. Karena temen sendiri
9. Karena lagi PDKT dengan si empunya blog
10. Karena mengharapkan di commentarin balik
11. Karena hobi komentar
12. Karena kerjaannya komentar| Nama : fulan; Status: Bujangan; Pekerjaan: Komentar
13. Karena simpati dengan si empunya Blog
14. Karena kesal dengan si empunya Blog
15. Karena untuk mengekspresikan diri
16. Karena ga punya Blog jadi numpang posting di Blog orang lain dengan jalan komentar
17. Karena kalau komentar utang kemarin mbeli barang secara online lunas
18. karena terikat kontrak selama 6 bulan setiap hari harus komentar di blog tertentu dengan imbalan tertentu atau istilahnya joki komentar
19.Karena…………(isi sendiri kalau ada alasan lain )…………..

Berikan jawaban anda dengan cara komentar pada postingan ini.

Nanti kita akan sama – sama menyimpulkan apa jawaban dari pertanyaan:

Kenapa Blogger, Non-Blogger dan atau Anda memberikan komentar pada sebuah postingan di sebuah Blog ?

51 thoughts on “Survey : Kenapa Blogger, Non-Blogger dan atau Anda memberikan komentar pada sebuah postingan di sebuah Blog ?( 3 hari-start 13 November 2007)

  1. kalo menurut saya sih, karena postingannya menarik, selain itu terkadang sayapun suka komentar jika postingannya kontroversial dengan kata hati saya… hihihi…

    semangat terus ya mas…!

  2. jujur, jawaban saya adalah nomer 1 (jelas) dan 19.
    isi dari nomer 19 saya adalah sering blogwalking. jalan-jalan keliling, liat-liat blog. bacaannya menarik, berhenti dan pasti ngisi komentar. intinya, suka blogwalking. gimana yang lain?
    >>jawabannya yg kreatif ya!<<

  3. Aduh cape deh, yang lain kasusnya masalah blogger yang copas , ini kok malah masih komen aja, gw pikir dah rapi dari kemarin.

    oke , gw komen karena disuruh elo he..he..he.. becanda.

    Gini ya adiet yang ganteng bapak satu anak, he..he.he..

    Setiap orang memiliki isi kepala yang berbeda dan tentu aja jalan pikirannya juga beda sesuai dengan kualitas pendidikan dan pengalaman hidup.

    Untuk masalah alasan kenapa orang memberikan komen tentunya juga berbeda sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan orang tersebut.

    Dan 19 pilhan yg elo sajikan, gw rasa sudah cukup mewakili sebagian besar alasan orang meninggalkan komen. dan kalau untuk gw pribadi , alasa gw ninggalin komen karena gw lagi suka aja ma tulisan / topik yang di bahas, bukan berati kalau gw gak komen berati gw gak suka.

    Kaya elo baca koran, gak semua berita elo komentarinkan, dan bukan berati berita yang gak elo komentarin lebih buruk dari yg dikomentarin. begitu aja bapak adiet , sekian dan terima kasih.

    Oh iya katanya blognya tampilannya beda kok masih sama aja.

  4. bang landy : survey ini akan menun jukkan apa yang menjadi alasan para blogger memberikan pesan pd sebuah tulisan, tentunya dengan berbagai alasan

  5. Kalau saya jelas no.1 Karena postingannya menarik, selain menghargai jerih payah si empunya blog utk membuat sebuah postingan yang menarik (tapi bukan yg kopipas ya…)

    Mas kebetulan saya juga baru posting mengenai komentar yg 0 (nol) seperti ini hari minggu kamaren di Millis TDA, ada tanggapan menarik dr founder TDA yg di copy di blog-nya, bisa liat di sini: http://roniyuzirman.com dengan topik: Let’s Change The World with Blogging

  6. AsLmkum..
    WELL 1st of all, ksh k0men coz emank “menyentuh” untk dik0mentari. The second,Krna pnya kdkatan pribadi so kyakny tngan greget aja untk ksh k0men itung2 silatrhmi . Nah yg ktiga niH, jika emank P0stingn nya nyambung bngt ama pikirn n jiwaku, trkdang greget jg pgen numpng k0men (hah?numpang k0men?brarti gak punya blog? Emank iya!!!) dgn niat siapa tau aj bisa meneruskan, menambahkan atau meluruskan postingan sebelumny. Yah itung2 berdakwah. Last but not least kyakny jg gak penting bgt qt mgharapkn dik0mentari or Not. Krn kalo niatny pgn dik0mentari bisa2 “giLa K0mentar” *lol* or pling bnter ujung2ny males ngeblog lg deh(wlopun tdk smua orng yg “lg cuti” ngeblog bralasan demikian). Hmm aplgi bg mreka yg pgen agar blogny brnilai dakwah. Yah smga trhindar dari perasaan riya dan sum’ah.wllahualam bishowab. afwn kpnjngan. Syukr0n katsiraan. Wasalam ๐Ÿ™‚

  7. saya mah biasanya ngomentarin isi postingannya aja, ngga mau OOT.

    soal kenapa ada blog yg ngga ada komentnya sama sekali mungkin si blogger jarang blogwalking and trafficnya jadi kurang rame.

    ๐Ÿ™‚

  8. Aku termasuk orang yang muales banget meninggalkan jejak apalagi untuk isi koment…meski postingannya keren..bw yah bw aja…biasanya temen -temen yang sering aku bw ketempatnya sih aku ngasih koment…meski postingannya sederhana banget…gak kreati ya gw…hehheehe…

  9. kalo kita nulis blog dan semua org boleh membacanya, kita hrs siap utk menerima ataupun tdk menerima komentar, namanya juga konsumsi umum, apapun hrs siap dgn komen yg ada maupun yg ga ada๐Ÿ˜‰

  10. nomer 1 dan nomer 11 mungkin?

    karena pengen komentar ajah. apalagi kalau isinya bagus dan menarik. kalau gak perlu dikomentarin, ngapain cape2 nulis? dibaca ajah. Aku jug agak maksa orang yang mampir ke blog aku untuk kasih komentar. dikomentarin ya syukur, gak juga makasih udah dibaca.

    blog aku kan blog pribadi, ungkapan isi hati pribadi, tidak diwajibkan untuk dikasih komentar. Tapi alangkah senangnya kalau ada yang kasih komen berarti dia perhatian sama aku (terima kasih buat seluruh teman2 blogger yang aku sayang)

    tapi kadang, karena aku seorang freak blogger alias gila jalan2 liat blog2 orang lain bahkan yang sama sekali aku gak kenal, aku berhenti, baca, kalau ada yang pelu dikomentarin ya aku tulis. Kalo nggak, tapi blognya bagus, aku minta dia dateng ke blog aku. Nambah sodara itu wajib buat aku. Makin banyak sodara, rejeki makin banyak..Insya Allah…๐Ÿ˜‰

  11. kalau artikelnya bagus, komen diberikan untuk 3 alasan:
    1. memuji dengan tulus hasil karya bagus tsb๐Ÿ™‚
    2. menambah, bila ada yang kurang
    3. menyanggah, bila itu cuma hoax atau artikel gak bener (menurut saya)

    nah kenapa anda jarang kasih komentar?

  12. Biasanya kalo saya memberikan komentar karena 2 alasan. Postingannya menarik dan saya emang hobi memberikan komentar.

    Kalo bagi saya setiap komentar yang diberikan di blog saya, amat sangat saya hargai makanya saya juga senang memberikan komentar di blog lain.

    Begitu lho pendapat saya..

  13. hmmm..karena apa yaaa
    seringnya sih karena temen sendiri, mau menarik atau gak tuh postingan, kl udah jd temen ya jd menarik aja…krn jd tambah tau apa yg dialamin si temen itu. Alesan lainnya (selain temen) biasanya pasti karena menarik. Entah blognya yg menarik, postingannya, karakternya, orangnya, pokoknya ada sesuatu yg menarik…

  14. 1. Karena postingannya menarik
    4. Karena yang mosting atau empunya blog cantik
    5. Karena kasian
    6. Karena diancam suruh komentar
    7. Karena ga enak
    8. Karena temen sendiri
    9. Karena lagi PDKT dengan si empunya blog
    10. Karena mengharapkan di commentarin balik
    13. Karena simpati dengan si empunya Blog

    *Saya jawab sejujur-jujurnya…

  15. berarti no. 1 dan no. 2 ya mas shaleh……ok deh kita tunggu 1 hari lagi untuk mengetahui hasil survey kta sambil nunggu temen2 yg belum sempat comment

  16. Hmm.. biasa sih aku ninggalin komen kl memang ada pendapat yg ingin aku sampein yg berhubungan dgn post itu. ga ada hubungannya sm empu blog tsb. sungguh. hehe.. :p

  17. kalo saya mah :

    1. karena blog temen yang suka kasih koment di blog saya.
    2. karena isi postingannya menarik dan menggelitik untuk diberi koment.
    3. karena emang lg pengen kasih koment aja…

    ech saya ga milih dr pilihan gpp ya mas..
    ^_^

  18. ikut comment yah…knapa yah mau comment disini..krn udah banyak yg comment juga *gubrax..

    kalo saya coment di blog yg laen yg pertama jelas krn isinya bagus, menarik, dan emang cocok untuk di comentarin. yg kedua biasanya krn udah kenal dgn si empunya blog, yg ketiga karena pengen di coment balik, yg ke empat karna dipaksa, yg kelima karena pgn di traktir, yg ke enam cukup sekian aja.

  19. Kalo aku sih kasi komentar krn postingannya menark.. (yah kayak sekarang ini. hehe..)

    Hmm.. mungkin juga ada faktor supaya dapet komentar jg. haha.. soalnya aku menganut kalo berbuat sesuatu, pasti dibales.. jd kl ada yang kasi komentar yah dibales komentar. hehe.. kalo aku kasi komentar, yah berharap dikasi komentar jg. hhooho..

  20. Yang jelas sih alasan utamanya no #1 Mas, karena postingannya menarik. Jadi pengen kasih komentar. Trus kita kasih komentar juga ada kontribusinya gitu bagi si penulis (misal: saran, sharing pengalaman, dll).

  21. Ikutan komen ah *kan memang diminta untuk komen kan di postingan ini – one reason* :
    Orang komen karena 1.postingannya menarik, 2.sebagai apresiasi kita terhadap tulisan orang lain, 3. memang pantas dikomentarin…dll

  22. Wat saya, meninggalkan komentar di blog sso biasanya karena alasan : layout blognya keren / menarik; ada postingannya yang mengena di saya dan untuk yang sudah berkunjung ke blog saya dan meninggalkan pesan. Pada intinya meninggalkan pesan di blog orang lain merupakan bentuk silaturahmi.

  23. kl saya biasany komentar karena :
    – postinganny menarik
    – karena temen sendiri ( ini lebi byk berlaku d blog friendster :p )
    ud sih paling it aja

    oiya sm kl dya ga pnya shout box
    jadi kl maw komunikasi kan maw ga maw mesti ngasi komen.. x)

  24. saya biasanya karena postingannya menarik dan akunya gak ngerti jadi ngisi comment buat nanya ^_^, juga karena form comment nya udah siap alias tinggal ngisi! jadi kan cepet ngomentarinya!!! blog mu bagus juga! contentnya jadi iri nih aku… he..he..

  25. awal’y si karna mank hobby komentar.. (he,,lebaii..). yg pasti sih krn postingan’y menarik, ntah krn bgs bgt atw skalian jelex bgt! (loh.. jelex?.. Iya! bikin greget pengen coment! trus nyumpah2in biar puas).

    tapi sejak ngeblog srius, motivasi’y jadi ganda: karna ‘menarik’ n pengen dpt tmn buat share (coment blk). so, maen ke blog Q yah?๐Ÿ˜‰ emmm,,satu lagi, krn lagi mood n da wkt bwt coment.
    kalo kamu?..

Leave a Reply

