Hidayah Di Tangan Allah

Allah SWT tidak berhajat atau tidak memerlukan Makhluk siapapun dia atau apapun dia termasuk kita, akan tetapi kita atau makhluklah yang berhajat memerlukan Allah SWT.

Allah SWT tidak memerlukan siapapun untuk membesarkan nama Allah di dunia, atau untuk menyebarkan agama yang telah diturunkanNYA, tanpa manusia pun atau tanpa kita pun Allah SWT dengan qudratnya mampu menunjukkan kebesaranNYA kepada makhluk- makhluk ciptaanNYA.

Namun Allah SWT menghargai siapapun yang mau bersusah payah untuk menyebarkan dan menyampaikan agama yang telah diturunkan melalui lisan para Nabi nabiNYA, untuk mengingatkan manusia akan negeri akhirat yang abadi dan mengingatkan bahwa dunia ini hanyalah sementara, agar manusia beriman dan meyakini bahwa tidk ada Tuhan yang patut disembah, ditakuti, digantungi, dimintai pertolongan, kecuali Allah SWT dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT.

Sabda Nabi SAW:

“Andaikata Allah s.w.t memberikan hidayat kepada seorang dari hasil usahamu, adalah lebih baik bagimu dari dunia dan seisinya.”

Lebih baik dari dunia beserta seisinya, untuk hal inilah kita niat untuk memperbaiki diri, mendekatkan diri kepada Allah , menangis memohon kepada Allah agar Allah pilih kita untuk digunakan sebagai sebab hidayah atas orang lain.

Firman Allah SWT:

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu”.

Kami lah Pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan di akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta.

Sebagai hidangan (bagimu) dari Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang shaleh dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?”

Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia.

Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar.

Dan jika syaitan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Dan sebagian dari tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah bersujud kepada matahari dan janganlah (pula) kepada bulan, tetapi bersujudlah kepada Allah Yang menciptakannya, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah.

Jika mereka menyombongkan diri, maka mereka (malaikat) yang di sisi Tuhanmu bertasbih kepada-Nya di malam dan siang hari, sedang mereka tidak jemu-jemu.

Dan sebagian dari tanda-tanda (kekuasaan) -Nya bahwa kamu melihat bumi itu kering tandus, maka apabila Kami turunkan air di atasnya, niscaya ia bergerak dan subur. Sesungguhnya Tuhan Yang menghidupkannya tentu dapat menghidupkan yang mati; sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Surah Fushshilat 30-39

Firman Allah SWT:

Maka bagaimanakah kamu akan dapat memelihara dirimu jika kamu tetap kafir kepada hari yang menjadikan anak-anak beruban.

Langit (pun) menjadi pecah belah pada hari itu karena Allah. Adalah janji-Nya itu pasti terlaksana.

Sesungguhnya ini adalah suatu peringatan. Maka barang siapa yang menghendaki niscaya ia menempuh jalan (yang menyampaikannya) kepada Tuhannya

Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (shalat) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Qur’an. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi yang berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Qur’an dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan) nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. . (Al Muzzammil 17-20)

Allah SWT adalah Maha Pencipta, Allah mampu menciptakan benda benda yang berat maupun ringan, yang terlihat maupun tak terlihat tanpa bantuan siapapun. Allah SWT adalah Penguasa Alam Semesta, KepunyaanNYAlah segala apa yang ada di langit seperti bulan, matahari, bintang bintang maupun galaxy, serta apa apa yang ada di bumi. Semoga Allah menetapkan diri kita dalam agama ini, semoga Allah senantiasa mencurahkan hidayah kepada diri kita serta seluruh alam. Kabulkanlah Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim Ya Malik ya Quddus Ya Salaam Ya Mu’min Ya Muahaimin Ya Aziiz Ya Hadii
Berikanlah Kebaikan dunia serta kebaikan Akhirat Ya Rabb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s