Allah Tempat Bergantung Seluruh Makhluk

FROM : CHANDRA KURNIAWAN

Ingatlah Allah agar hatimu menjadi tentram. Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu. Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus makhluk-Nya; tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kekuasaan Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Jika engkau mengingat-Nya, Dia akan mengingatmu. Jika engkau berlari menuju-Nya, Dia akan berlari menujumu. Jika engkau mengenal-Nya, khazanah ilmu pengetahuan akan terbuka untukmu. Ketika engkau merasa dirimu penuh dosa, mohon ampunlah kepada-Nya, niscaya Dia akan mengampunimu. Jika engkau berjalan, basahi lisanmu dengan menyebut nama-Nya karena Dia tidak pernah lupa memberimu banyak kenikmatan.

Para mudzakirin hatinya penuh dengan cahaya, sehingga kemudian jalan yang benar itu terlihat sangat jelas. Allah akan mengajari orang-orang yang bertakwa melalui ilham yang disusupkan ke dalam hati dan pikiran. Engkau lihat ada orang yang minim ilmu namun dapat memanfaatkan ilmunya dengan sebaik mungkin. Sedangkan ada orang yang kaya ilmu, namun ilmu itu tidak membawa manfaat untuk dirinya. Allah telah memberikan keberkahan pada orang pertama dan tidak memberikannya pada orang kedua. Para mujahid di Palestina mampu membuat persenjataan dan roket yang canggih, padahal kemampuan dan ilmu mereka sangat terbatas. Apalagi mereka hidup dalam tekanan penjajah Israel. Darimanakah kekuatan itu datangnya kalau bukan dari Allah Yang Maha Melihat?

Bagi orang yang bertakwa harta yang sedikit terasa banyak. Namun bagi orang fasik harta yang banyak terasa sedikit; dia selalu merasa kekurangan dengan nikmat yang ada. Bagi orang yang bertakwa ilmu yang sedikit menyelamatkannya. Namun bagi orang fasik ilmu yang banyak malah menjerumuskannya pada kebinasaan. Orang-orang yang bertakwa terlihat dari wajahnya yang cerah dan khusyu, tenang, mata yang syahdu, ucapan yang berbobot, dan sikapnya yang optimis. Semua itu terjadi karena ia hanya menjadikan Allah sebagai satu-satunya tempat bergantung. Jika memohon pertolongan, dia memohon pertolongan kepada-Nya. Jika memohon ampunan, dia memohon ampunan kepada-Nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s