Keputusan adalah kepunyaan Allah SWT

Sudara2 yang dimuliakan Allah SWT,


Manusia bisa berusaha dan berencana tapi Allah juga punya rencana.


Yang harus dipahami di dunia ini adalah adanya sebab akibat dan juga keputusan Allah tanpa adanya sebab akibat.

– Sebab Akibat = Usaha Hasil

– Untuk mendapatkan akibat atau hasil maka harus ada sebab atau usaha.

– Dengan adanya sebab atau usaha maka akan ada akibat atau hasil.

– Akibat ada karena adanya sebab

– Untuk mendapatkan satu macam akibat dibutuhkan beberapa sebab. Contoh : Kita haus, maka untuk menghilangkan haus kita harus minum bukan makan, minum adalah memasukan air kedalam mulut, maka untuk minum kita butuh air, air terdapat dimana – mana, untuk mendapatkan air maka diperlukan usaha untuk mendapatkannya, apabila air itu ada di sungai maka kita lakukan usaha dengan berjalan kesungai. Setelah sampai di sungai kita harus usaha memasukan air kedalam mulut kita, dengan menggunakan tangan kita atau dengan menggunakan wadah. Demikian juga apabila kita lapar, maka untuk menghilangkan lapar harus makan bukan minum, makan adalah memasukan makanan kedalam mulut, maka untuk makan kita butuh sesuatu untuk dimakan, makanan ada dimana mana, apabila ada di kebun maka kita harus berjalan kekebun dan melakukan usaha untuk mengambil bahan makanan, kemudian memasukannya kedalam mulut kita.

– Mata kita dan pengalaman yg kita dapatkan menyatakan bahwa untuk mendapatkan akibat maka dibutuhkan sebab, Tapi berita yang Allah sampaikan menyatakan bahwa Allah mampu mengakibatkan sesuatu tanpa sebab, sebagaimana yg terjadi pada siti maryam ibunda nabi Isa A. S.Ketika dia berada didalam ruangan kamar yg tiada seorang pun :

Ø Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakaria pemeliharanya. Setiap Zakaria masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakaria berkata: “Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?” Maryam menjawab: “Makanan itu dari sisi Allah”. Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab.( Ali imran : 37 )

Mata kita menyaksikan dan pengalaman serta pengetahuan yg kita dapatkan menyatakan bahwa untuk mendapatkan akibat dibutuhkan sebab. Untuk mendapatkan anak maka butuh Wanita dan Pria. Tetapi berita yang disampaikan menyatakan bahwa

Ø Maryam berkata: “Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-laki pun. Allah berfirman (dengan perantaraan Jibril): “Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: “Jadilah”, lalu jadilah dia.( Ali Imran : 47 )

Allah Maha pencipta, Allah yang menghidupkan dan mematikan, Allah yang Menjadikan Bumi, Langit dan Seluruh yang ada baik yang pernah kita lihat atau dengar atau rasa atau ketahui. Allah tidak membutuhkan sesuatupun untuk menjadikan sesuatu, Allah tidak berhajat kepada Makhluk tapi makhluk lah yang berhajat kepada Allah.

Ø Barang siapa yang mengharap pertemuan dengan Allah, maka sesungguhnya waktu (yang dijanjikan) Allah itu, pasti datang. Dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Ø Dan barang siapa yang berjihad, maka sesungguhnya jihadnya itu adalah untuk dirinya sendiri. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.

Ø Dan orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, benar-benar akan Kami hapuskan dari mereka dosa-dosa mereka dan benar-benar akan Kami beri mereka balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan.

(q.s. Al Ankaabut 5-7)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s