Keputusan adalah kepunyaan Allah SWT BAB: 3

Maka inilah keyakinan yang senantiasa harus kita tanamkan ke dalam hati kita melebihi dari keyakinan yang lain. Bahwa sesungguhnya kita lemah tapi Allah Maha Perkasa. Kita, makhluk tidak punya kuasa tapi Allah Kuasa. Tidak ada yang dapat mengabulkan permohonan kita kecuali Allah yang Maha Menciptakan dan Maha Mengabulkan setiap permohonan setiap hambanya yang meminta. Bahwa kejayaan dan kesuksesan umat manusia hanya ada dalam Iman dan Amal shaleh.

Kehidupan Akhirat adalah kehidupan ruh bukan kehidupan jasmani, bahwa yang akan menyelamatkan kita dari siksa kubur dan siksa jahanam adalah hanya iman dan amal sholeh kita selama di dunia :

Dan (alangkah ngerinya), jika sekiranya kamu melihat ketika orang-orang yang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Tuhannya, (mereka berkata): “Ya Tuhan kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami (ke dunia), kami akan mengerjakan amal shaleh, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang yakin”.

( q. S. As. Sajadah : 12 )

Maka kita niatkan diri kita insya Allah untuk memperbaiki yakin kita dan amal sholeh kita sebelum tiba masanya kita tidak dapat lagi melakukan amal sholeh.

Kita hilangkan keyakinan ini dalam hati kita bahwa kalau kita memiliki tubuh yg bagus, kekuatan yang besar, ilmu yang banyak maka kita akan berjaya , apabila memiliki fisik yang indah maka kita akan berjaya ini adalah keyakinan yang salah. Lihatlah :

Dan apakah mereka tidak mengadakan perjalanan di muka bumi, lalu memperhatikan betapa kesudahan orang-orang yang sebelum mereka. Mereka itu adalah lebih hebat kekuatannya daripada mereka dan (lebih banyak) bekas-bekas mereka di muka bumi, maka Allah mengadzab mereka disebabkan dosa-dosa mereka. Dan mereka tidak mempunyai seorang pelindung dari adzab Allah.(qs. Al Mukmin 21 )

Maka apakah mereka tiada mengadakan perjalanan di muka bumi lalu memperhatikan betapa kesudahan orang-orang yang sebelum mereka. Adalah orang-orang yang sebelum mereka itu lebih hebat kekuatannya dan (lebih banyak) bekas-bekas mereka di muka bumi, maka apa yang mereka usahakan itu tidak dapat menolong mereka.( qs. Al Mukmin 82 )

Dan apakah mereka tidak mengadakan perjalanan di muka bumi dan memperhatikan bagaimana akibat (yang diderita) oleh orang-orang yang sebelum mereka? Orang-orang itu adalah lebih kuat dari mereka (sendiri) dan telah mengolah bumi (tanah) serta memakmurkannya lebih banyak dari apa yang telah mereka makmurkan. Dan telah datang kepada mereka rasul-rasul mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata. Maka Allah sekali-kali tidak berlaku dzalim kepada mereka, akan tetapi merekalah yang berlaku dzalim kepada diri sendiri.( qs. Ar ruum 9 )

Dan betapa banyaknya negeri-negeri yang (penduduknya) lebih kuat dari (penduduk) negerimu (Muhammad) yang telah mengusirmu itu. Kami telah membinasakan mereka; maka tidak ada seorang penolong pun bagi mereka.( qs. Muhammad 13)

Dan berapa banyaknya umat-umat yang telah Kami binasakan sebelum mereka yang mereka itu lebih besar kekuatannya daripada mereka ini, maka mereka (yang telah dibinasakan itu) telah pernah menjelajah di beberapa negeri. Adakah (mereka) mendapat tempat lari (dari kebinasaan)?( qs . Qaaf 36 )

Pengalaman kita menyatakan bahwa api itu panas dan membakar tapi berita yang datang dari Allah menyatakan bahwa Allah mampu berbuat lain

Maka tidak adalah jawaban kaum Ibrahim, selain mengatakan: “Bunuhlah atau bakarlah dia”, lalu Allah menyelamatkannya dari api. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang-orang yang beriman.(qs. Al Ankaabut 24)

Mereka berkata: “Dirikanlah suatu bangunan untuk (membakar) Ibrahim; lalu lemparkanlah dia ke dalam api yang menyala-nyala itu“.

( qs Asshoffaat 97)

Kami berfirman: “Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim“.

( qs Al Anbiyaa 69 )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s